[Kelemahan Motor Matic Jaman Sekarang] Ground Clearance Semakin Rendah, Semakin Mentok Polisi Tidur..!!

image

Bro sekalian, melihat perkembangan motor matic akhir-akhir ini cukup miris juga..
Desain dibikin sangat indah, plus ditambahin dengan fitur-fitur mumpuni tapi ada satu hal yang sepertinya gak begitu diperhatikan oleh produsen motor roda dua di indonesia, yaitu Ground Clearance atau jarak terendah dari motor ke tanah..

Yap, ground clearance motor matic akhir-akhir ini semakin ceper bro..Walaupun menurut beberapa pendapat, semakin ceper suatu motor, maka semakin nyaman dikendarai, kemungkinan motor mencium polisi tidur(poldur) juga semakin besar..

image

Beberapa contoh motor dengan ground clearance rendah seperti  Honda Spacy series (128mm), Yamaha Xeon (125mm), Yamaha Soul GT & Mio J Series (130mm), Honda Vario techno 125 series (128mm) dan Yamaha Mio Fino (125mm)..

Berikut data Spesifikasinya:
image
Spesifikasi Honda Spacy

image
Spesifikasi Yamaha Xeon

image
Spesifikasi Yamaha Soul GT

image
Spesifikasi Yamaha Mio J

image
Spesifikasi Honda Vario 125

image
Spesifikasi Yamah Mio Fino

Melihat budaya masyarakat indonesia yang hobi membuat poldur yang menjulang tinggi dan lancip, tentunya ini menjadi masalah yang sangat kompleks dan membuat jengkel pengguna matic jaman sekarang bro sis (termasuk saya sendiri)..

Motor baru dibeli dari dealer, masih kinyis-kinyis lagi direyen pas lewat poldur langsung ‘jedakkk’.. dalam hati langsung emosi & nggrundel rasanya..

Ground clearance juga jadi semakin rendah jika dipake saat berboncengan. Seperti yang pernah saya alami sendiri ketika riding berboncengan dengan ibu saya sendiri. Bobot saya cuma sekitar 50kg dan ibu saya 60kg-an..
Sewaktu melintas di daerah Warakas, tanjung priuk ternyata disana banyak sekali poldur yang melintang di jalan.
Dalam hati udah was-was duluan, dan ketika coba dilewatin langsung ‘jedakk’, di poldur berikutnya juga jedak-jedak terus, sampai pada beberapa poldur yang tinggi terpaksa ibu saya turunin dulu dari motor agar tidak mentok poldur lagi..
Jika dihitung-hitung sudah puluhan kali Honda Spacy saya berciuman dengan poldur..

image

Bisa dibayangkan jika bobot rider dan boncenger melebihi saya dan ibu saya.. bisa-bisa nyangkut di poldur mas bro….

Tentunya hal ini menjadi kekurangan tersendiri dari sisi safety dan kenyamanan dalam berkendara..
Dan seharusnya ATPM sebagai produsen utama motor harus melihat hal ini dan ditanggapi secara serius..

Bagaimana seumpama kalo motornya nyangkut di rel kereta yang agak tinggi? Bahaya banget kan bro.. soalnya di kampung saya ada rel kereta yang seperti itu..
image

Salah satu contoh perubahan dari ATPM yang bisa kita lihat yaitu perubahan desain sasis Honda Spacy generasi pertama dan Honda Spacy generasi sekarang (2012), menurut AHM Honda Spacy yang saat ini diproduksi telah bebas dari poldur, dengan penambahan 5mm lebih tinggi sasisnya (sudah dibahas di blognya Kang Taufik TMCblog)..
Tetapi kalo cuma 5mm ngaruhnya gak seberapa bro, 5mm tu cuma setengah senti.. jadi masih sangat memungkinkan mentok poldur lagi..
image

Honda Spacy Generasi Pertama

image

Honda Spacy Generasi Sekarang (2012)

Ground Clearance rendah sebenarnya bisa diakalin, bisa pake velg ring 16 atau 17 inch, jika masih pake velg 14 inch bisa ganti ban depan dengan ukuran 90/90 dan ban belakang

100/90 atau 110/80 juga bisa.. Tentunya biaya yang diperluin gak sedikit bro…
image

Memakai shock breaker belakang yang lebih panjang juga bisa menambah Ground Clearance.. tetapi jangan pake peninggi shock yang terbuat dari aluminium bro, karena bisa patah..

Semoga ATPM otomotif roda dua memperhatikan sisi Ground Clearance ini karena semakin rendah, maka semakin membahayakan rider & tidak safety…

Silahkan dikomentari, semoga berguna..

Bonus gambar: Vika, Bete Polisi Tidur (motorplus)
image

Advertisements

34 Komentar

    • @juragan RY: wah, kalo sama polisi berdiri bisa tegang tu si vika.. takut di tilang..

      @lexyleksono: sama bro, njeduk trus bikin puyeng..

      @suzuki: sblmnya saya smpet ngelirik mbak hayate, tp dah terlanjur… hehe..

      @arief: thanx atas koreksinya bro, saya waktu nulis sempet bngung mau nulis 128 atau 1280 cz ngantuk, hehe… sudah dikoreksi..

  1. pelan2 aja gan, mungkin tiap daerah beda2, ditempat sy jarang poldur, klo spacy ditambah lg gc-nya nanti sy tambah jinjit dong (tinggi 163 cm) xixixi kan dah lebar tmpt duduknya jd atpm menyesuaikan dg adanya fitur helm in, sy pake spacy produk pertama 🙂

  2. Saya pakai spacy kluaran pertama April 2011, solusi untuk bebas dari polisi tidur salah satu cara dengan menambah sambungan shockbrkr belakang….(banyak dijual di toko asesories motor)

  3. iya browww……Vario 125 eikeu juga mentok-mentok…..padahal masih kinyis-kinyis…..ehhh oleh eikeu disayang-sayang…ujung-ujung mentok juga…..bared-barednya kena ujung knalpot lagi……

  4. yang bikin polisi tidur tinggi itu gak ada otak.bikin setinggi 1,5 cm aja udah beresiko pelk peang kalo di hantam.ni bikinnya tingginya parah.kadang yang di bikin poldul jalanan umum.napa gak jalan protokol aja kasih poldur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*