Gilera Dna, Motor Sport Batangan Bermesin Matic

image

Widih, inovasi sepeda motor roda dua emang gak ada habisnya bro..
Ada tiga tipe motor yang mempunyai genrenya tersendiri yaitu Scooter (matic), bebek, dan sport..
Tiga tipe tersebut mempunyai ciri khas mesinnya tersendiri bro,.

Motor sport memiliki transmisi manual, motor bebek semi-manual, dan matic bertransmisi otomatis..
Tetapi karena perkembangan jaman akhirnya mesin-mesin tersebut dioblok-oblok (dicampur-campur) bro..
image
image

Kalo di indonesia ada bebek bermesin otomatis seperti Honda Revo AT & Yamaha Lexam, maka di itali ada Gilera Dna motor sport bermesin matic alias pake CVT bro..

image

Dulu orang-orang sering bilang kalo motor sport itu kelaminnya cowok, & kalo motor bebek dan matic itu kelaminnya cewek, lha ini kelaminnya apa dong? πŸ˜€

image

Gilera Dna mempunyai 3 varian bro, yaitu 50cc (2tak), 125cc & 180cc (4tak)..
Kapasitas tangki bahan bakarnya untuk yang 50cc adalah 9liter, sedangkan untuk yang 125cc & 180cc adalah 10liter..
Kenapa kapasitasnya kecil, karena Tangki di depan yang biasanya digunakan untuk tempat bbm dialihfungsikan buat bagasi helm-in bro, mirip-mirip Honda NC700 lah.

image

Untuk tipe yang 50cc kecepatan maksimalnya adalah 50km/jam, hal ini mungkin karena mengikuti regulasi motor-motor matic di eropa sana bro, IMHO..
Sedangkan untuk tipe 125cc kecepatan maksimalnya 109km/jam dan yang 180cc kecepatan maksimalnya 126km/jam..

image

Jika diliat dari bentuk bodynya, Gilera Dna hampir mirip dengan motor sport bajaj pulsar.. Desain headlampnya bener-bener mirip bro..
Tampilan konstruksi cvt nya sama seperti motor-motor matic pada umumnya, dan masih menggunakan shock breaker tunggal dengan lengan ayun.. berbeda dengan Honda Revo AT & Yamaha Lexam yang udah mengkombinasikan cvt dengan gear dan rantai, sehingga tampilannya tetap seperti bebek biasa..
Velg Gilera Dna juga menggunakan velg 14 inchi yang biasa dipake skuter matic..
Stangnya sudah mengadopsi model setang jepit dan adjustable shockbreaker.. layaknya motor sport..
image

Sayangnya Gilera Dna udah discontinued alias sudah tidak diproduksi lagi bro, & sekarang posisinya digantikan oleh Gilera Runner..

image
Gilera Runner

#Berikut Spesifikasi lengkap Gilera Dna:

*Engine

50: Piaggio Hi-PER2 50 cc 2
stroke catalysed at two stages
with secondary air system.
125 & 180: Single cylinder 4 stroke

*Displacement

50: 49.4 cc
125: 124 cc
180: 182 cc

*Bore

50: 40 mm
125: 57 mm
180: 69 mm

*Stroke

50: 39.3 mm
125 & 180: 48.6 mm

*Fuel

Unleaded Induction
50: Reed valve in crankcase
125 & 180: Four Valve Single Over
Head Camshaft (SOHC)
Distribution
125 & 180: Injection Electronic
capacitive (CDI) with variable
timing (10Β° – 34Β°)

*Start

50: Electric and kick starter
125 & 180: Electric

*Lubrication

50: Separate with automatic mixer
125 & 180: Wet pump lubrication Cooling Liquid

*Gear change

Automatic CVT with torque server
Clutch
Automatic dry centrifuge type
Frame
Open cradle frame with two
descending beams in drawn steel

*Front suspension

Telescopic fork with Ø 35 mm
upside down shafts

*Rear suspension

50: Single damper with adjustable
spring
125 & 180: Two dual effect
hydraulic dampers, helicoidal
spring adjustable to four positions

*Front brake

Ø 240 mm stainless steel floating
disc with dual piston calliper Ø 25
mm

*Rear brake

50: Ø 200 mm disc, calliper with
28 mm opposed pistons
125 & 180: Ø 240 mm stainless
steel disc, calliper with two
opposed pistons Ø 30mm

*Front wheel

rim Die-cast aluminium alloy,
3.50Γ—14β€³

*Rear wheel

rim Die-cast aluminium alloy,
3.50Γ—14β€³

*Front tyre

Tubeless 120/70-14β€³

*Rear tyre

Tubeless 140/60-14β€³

*Length

50: 1,920 mm
125 & 180: 1,890 mm

*Width

50: 520 mm
125 & 180: 720 mm

*Wheelbase

50: 1,330 mm
1.370 mm

*Saddle height

50: 770 mm
125 & 180: 780 mm

*Dry weight

50: 101 kg
125 & 180: 125 kg

*Fuel tank

50: 9 litres
125 & 180: 10 litres

*Oil tank

50: 2 litres

*Power

125: 15 cv/9700 rpm
180: 20 cv/8500 rpm

*Max. speed

50: restricted to 31 mph
125: 68 mph
180: 76 mph

*Consumption

125: 72 mpg (ECE cycle 40)
180: 68 mpg (ECE cycle 40)

*Emissions

Respects the European
Multidirective 97/24
Noise emissions EC chapter 5
(Euro1)

*Price

50: Β£1,999 OTR
125: Β£2,449 OTR
180: Β£2,649 OTR

#Berikut Foto-Fotonya:

image
image
image
image
image
image
image
image
image
image

Kalo motor kyk gini diproduksi di Tanah Air gimana ya bro?

Silahkan Dikomentari, Semoga Berguna..

by Alfido

Advertisements

35 Komentar

  1. Asik nih motor.. cocok buat penyuka sportbike di kota jakarta yang superr macet πŸ˜€

    Minerva juga ada kan sportmatic, kalo bikin model kaya gini bakal laku kayaknya πŸ˜€

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*