Sempit Dan Jauhnya Tempat Sholat Di Arena Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair Kemayoran)

image

Parah! … itulah satu kata yang saya ucapkan ketika melihat kondisi mushola di Arena sebesar, seluas dan semegah Jakarta Fair Kemayoran.. Sangat mengecewakan…

Mushola dan tempat wudhu sempit yang bercampur dan tidak ada pemisah antara jamaah laki-laki dan perempuan, sehingga banyak dari para jamaah yang mengantri wudhu di Toilet dan Wastafel.. Banyak juga ibu-ibu dan perempuan muda yang sholat diluar mushola karena sempitnya area sholat.. Mushola inipun letaknya juga cukup jauh dan tidak kelihatan kecuali bro sis bertanya kepada pihak information PRJ & Security.. Letaknya yang berada di Gedung lantai 2 gerbang utama PRJ Kemayoran dan dibelakang cukup menulitkan para pengunjung untuk sholat..

Sebelum Sholat Saya coba bertanya kepada salah satu petugas security di arena PRJ tentang lokasi tempat sholat tersebut, dan beliau bilang kalau musholla yang paling dekat hanya di tempat itu.. Dalam hati langsung berkata: “Wuh, mosok tempat segede ini tempat sholatnya cuma segitu..”

Kemudian saya coba tanya kepada bagian Cleaning Service tentang lokasi tempat sholat yang lain.. Si masnya menjawab kalau tempat sholatnya cuma ada di lantai 2, 3, & 4  dan semuanya ukurannya juga sempit karena sebenarnya itu mushola buat karyawan Gedung PRJ.. Bener-bener edan tenan.. Pengunjung yang jumlah mencapai ratusan ribu cuma bisa ditampung oleh beberapa mushola sempit..

Satu Mushola tersebut hanya bisa menampung 4 shaf dan kurang dari 20 orang.. sempit, pengap, panas, serta tanpa AC maupun kipas angin.. Mukena untuk jamaah perempuan juga sangat terbatas, hanya beberapa saja sehingga para jamaah yang akan sholat harus bergantian memakainya..

Beginikah cara arena PRJ memperlakukan para pengunjungnya yang muslim?

Apakah kita memang dipaksa utuk meninggalkan sholat oleh mereka?

Hal seperti ini sebenarnya sudah saya sering temui juga di beberapa pameran di Jakarta seperti JMCS 20di JCC Senayan dan di Acara Otobursa Tumplek-Blek 2012 beberapa waktu yang lalu. Tempat-tempat pameran besar berskala internasional tetapi hanya menyediakan mushola kecil untuk pengunjung yang beragama muslim..

Semoga para penyelenggara tempat-tempat tersebut segera sadar.. Indonesia adalah negara dengan mayoritas umatnya adalah muslim, mushola sempit, jauh dan terbatas sangat tidak nyaman bagi muslim dan muslimah yang ingin beribadah kepada Allah SWT..

Berikut adalah video rute Tempat Sholat / mushola di PRJ Kemayoran 2012.. dimulai dari gerbang PT Gajah Tunggal Tbk. (dari dalam) dekat Stand AHM dan Suzuki Motor: Video Tempat Sholat di PRJ Kemayoran

Well bro sis, Kalau kita sedang bersenang-senang janganlah kita melupakan atau sengaja meninggalkan perintah Allah ini.. Karena ini adalah kewajiban kita semua kepada sang pencipta..

Semoga Berguna…

Advertisements

32 Komentar

    • @kang taufik: Panitia sepertinya emang g peduli kang… tidak ada improvement sama sekali dari pihak panitia untuk tempat sholat.. tahun lalu juga sama seperti ini..

    • @ahmadharis: kemarin wktu saya sholat ashar jg penuh bgt mas.. akhirnya waktu sholat maghrib saya ke mushola lebih awal supaya g terlalu penuh..

  1. Kalo datang ke PRJ ane sholat di parkiran motor yang ada masjidnya, biasanya nyampe disitu pas waktu ashar, nah kalo udah di dalam kan nggak ada masjid, ane ke lantai atas di gedung sebelah kanan panggung, di situ sholat maghrib dan isya. Kalo udah sholat nyaman deh balik ke Cikarangnya. Berangkat lewat cibarusah, pulangnya lewat kalimalang :mrgreen:

  2. http://www.streetdirectory.co.id/indonesia/jakarta/asia_travel/gps/gps.php?travel_id=422&travel_site=2791&businessId=&branchId=&x=106.84394082483668&y=-6.148642723409143&level=13&s=id

    Itu gan masjidnya, kelihatan kan? di area parkir barat / sebelah kanan gedung PRJ / di belakang HALL B, kalo musholla-nya ada di HALL C belakang, sempit (Toilet Gedung penjualan Komputer)
    Di HALL E juga ada, tapi naik ke lantai atas, sholat di stand kosong.
    http://www.jakartafair.biz/fp.php

  3. wah bro Fido udah ngeluh duluan nih, pdahal ane berharap thun ni lebih baik. trnyata masih sama buruknya
    musholanya nyelempit, kecil
    semoga suara bro Fido bisa nyampe ke telinga pihak penyelenggara biar kedepan lbih baik lg

  4. baru td saya ke prj.. teryata masih sama saja seperti tahun kemarin mas..
    coba buat surat terbuka aja mas..
    biar lebih baik lg kedepan’nya..

  5. waaah,, pengalaman taun kemaren
    emang klo dzuhur sama ashar disitu tapi waktu maghrib gw sholat di samping panggung band disitu lumayan agak lega…

    mudah2an artikel TS didenger ama pihak penyelenggara PRJ.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*