Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Hmm, Apakah Semua Honda Spacy Itu Bergetar Di Kecepatan 40-50 Km/Jam ?? November 23, 2012

Posted by Alfido™ in Honda.
Tags: , , , , ,
trackback

Menarik sekali artikel yang dibuat oleh mas Rio Winto, semoga tidak ada lagi rider spacy yang bermasalah dengan tunggangan kesayangannya.. Di artikel tersebut mas Rio Winto memaparkan secara jelas bagaimana kronologi Honda Spacy yang bergetar diatas kecepatan 40 Km/Jam sama persis dengan yang saya alami dengan spacy kesayangan saya beberapa waktu lalu .. (klik disini)

Berikut pemaparan artikel Mas Rio Winto:

Pada Sabtu (31/03/2012), Honda Spacy PGM FI Hitam diantar ke rumah. Satu pekan kemudian, plat nomor dan STNK pun turun. Motor baru tersebut akhirnya bisa dipakai untuk ke kantor. Namun, ada yang aneh ketika berjalan diatas kecepatan 40 km/jam. Tepatnya, ada getaran yang membuat tidak nyaman. Pada kecepatan 40 km/jam, terasa vibrasi gret, gret, gret. Getarannya tidak konstan, tapi ada temponya. Semakin digas hingga kecepatan 50 km/jam, getaran semakin cepat dan temponya tidak beraturan. Terkadang, getarannya panjang dan kadang pendek.

Getaran tersebut terasa di bagian kaki, jok motor dan stang. Apalagi di saat jalan lurus dan sepi. Getaran itu juga membuat plastik penutup bagian depan ikut bergetar (mungkin karena kendor). Tempo getaran itu semakin terdengar oleh pengendara. Gret, gret……..gret-gret-gret……gret…gret……gret……gret-gret-gret..

Akhirnya, akibat ketidaknyamanan ini, saya menuju ke AHASS 001 Dewi Sartika untuk mengajukan claim dan motor sudah menghabiskan jarak tempuh 300 km. Keluhan saya diterima dengan baik.  Namun, sepeda motor sepertinya hanya dibersihkan bagian CVT nya. Sebab, pada sorenya sudah bisa diambil. Namun setelah dikendarai ternyata getaran masih ada, tidak berkurang. sama seperti awal. Lalu, saya kembali lapor ke AHASS melalui telepon. Menurut penjelasan pihak mekanik, kampas masih baru. Tapi, kenapa tidak semua Spacy FI mengalami masalah ini. Artinya ada sesuatu yang tidak beres dengan komponen motor saya. Bahkan, saya juga menggunakan Honda Vario, namun tidak ada getaran yang sama. Beitu pula dengan Honda Beat kawan saya tidak mengalami getaran-getaran ini.

Setelah itu, saya berusaha melaporkan melalui email ke Customer AHM yang ada di website. Laporan saya ditanggapi dengan baik. Bahkan, mereka membalas email saya. Kemudian, saya ditelepn oleh pihak Honda.

Pada Kamis (19/04/2012), saya ditelepon Ibu Hanifa. Dia menanyakan tentang komplain saya dan menyarankan untuk dibawa kembali ke AHASS Dewi Sartika.

Pada Jumat (20/04/2012), motor saya dibawa ke AHASS. Dan, km sudah menunjukkan 500 km. Saya diterima oleh Pak Eko (bagian claim). Dan, sama seperti pada awal mula. Penjelasannya adalah karena kampas masih baru, namun saya minta untuk lebih dianalisa. Karena itu, motor menginap di bengkel. Saya memberikan kesempatan untuk dipakai, ditest jalan.

Lalu, pada Rabu (25/04/2012), motor selesai dan saya ambil di Dewi Sartika. Menurut Pak Eko, motor saya diganti bagian kampas komplingnya sartu set. Dan sama seperti awal, getaran itu masih ada, tidak hilang. Berbeda ketika saya mengendarai Honda Vario dan Honda Beat.

Pertanyaanya, apabila memang alasannya masih baru kenapa tidak semua Spacy PGM FI mengalami hal yang sama. Menurut forum Spacy helm in di forum kaskus.us,

Spacy jenis karburator tidak mengalami getaran-getaran ini dan tidak semua Spacy juga injeksi mengalami hal ini. Beberapa anggota forum yang mengalami getaran di Spacy Fi, berusaha mengganti CVT belt satu set, serta ada yang mengganti gear gardan, gear kopling dan mangkok kopling. Namun, tetap masih terasa getaran itu. Kendati menjadi sedikit berkurang, saya yakin tidak semua Spacy PGM FI mengalami getaran-getaran ini artinya ada kesalahan dalam produksinya.

Kemudian, pada Jumat (27/04/2012), saya ditelepon Ibu Tisya (Honda Customer Care Center) dari JHC (Jakarta Honda Centre) menanyakan kondisi sepeda motor. Dan dia terus memantau keluhan saya. Dia bilang keluhan custumer honda itu terekam, history motor saya terekam di Honda.

“Saya lapor motor masih terasa getaranya. Dan memang getarannya sedikit berkurang. Namun, kalau boncengan lebih terasa getarannya. Karena, saya agak tidak bersemangat jika harus ke bengkel lagi, saya mengatakan nanti saja ketika service kedua yaitu pada 2.000 km nanti. Ibu Tisya setuju, dan mengatakan. Kalau ada apa-apa bisa menguhubunginya di 021 801 5555 di extension 270.” ujar Bejo.

Senin (30/04/2012), siang, pukul 11.50 WIB, saya di telepon Pak Ferryanto (Honda Customer Care Center) menanyakan lagi tentang motor yang bergetar. Dia mengatakan kapan bisa diantar ke bengkel lagi untuk dianalisa. “Dan saya bilang mungkin Rabu (02/05/2012) dianalisa lagi dan bisa bertemu  langsung kepala mekanik di AHASS Dewi Sartika.

Selasa (01/05/2012), pukul 17.00 WIB, saya ditelepon kembali oleh ibu Tisya. Beliau menanyakan kembali tentang motor saya. Dia ingin memastikan apakah Rabu (02/05/2012), saya bisa membawa motornya lagi ke AHASS Dewi Sartika. Sebab, berdasarkan info dari Pak Ferryanto saya akan membawa motornya Rabu (02/05/2012). Namun, karena saya pikir kalo dianalisa lagi dan masih sama saja, mending nanti saja pada saat mencapai 2.000 karena sekaligus service dan penggantian oli kedua. “Saya memastikan ke Ibu Tisya, motor akan dianalisa pada km 2.000 nanti,” ujar Bejo.

“Menurut saya Custumer Care Honda cukup bagus bro, semua history terekam, artinya CRM (Custumer Retention Management) mereka berjalan baik. Nanti pada 2.000 km saya akan ke AHASS Dewi Sartika. Syukur-syukur bisa berkurang dan hilang getarannya, jika belum semoga bisa ketemu solusinya,” ujar Bejo.

Terima Kasih

Agustinus W Triwibowo

Di artikel tersebut terbukti ada varian spacy lain yang bernasib seperti spacy saya…Walaupun Pgm-fi dan sudah menggunakan perangkat CVT milik Vario 110, namun sepertinya masalah juga terulang kembali :( ..  Spacy saya saat ini sudah dalam keadaan Sehat dan dtidak bergetar lagi di kecepatan 40 km/jam setelah claim ke pihak honda dan mengganti part Kopling Sentrifugal spacy saya dengan yang baru.. :)

Jika ada problem di motor bro/sis semua yang bersifat abnormal dan mengganggu saat riding, sebaiknya langsung hubungi ahass terdekat untuk claim atau meminta info yang bener kepada kepala mekanik bengkel.. Jangan langsung percaya jika ada kata-kata “semua motor emang kayak gitu..” … cari info dari temen, blog, atau media internet supaya kita tidak mendapat informasi yang salah… :)

Posted By Alfido

Semoga berguna…

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. bee jarwadi - November 23, 2012

buatan manusia ga ada yg sempurna.

https://beejarwadi.wordpress.com/

Alfido™ - November 23, 2012

iya mas, kadang tanpa diketahui… kita yang kena apesnya :(

yudha depp - November 24, 2012

semoga diproduksi selanjutkan komsumen Indonesia
dapat yang lebih baik

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/kelemahan-motor-gue-kalau-motor-loe.html?m=1

Alfido™ - November 24, 2012

Amin..

2. ipanase - November 23, 2012

selamat :D

Alfido™ - November 23, 2012

woh :(

3. sabartrimoyo - November 23, 2012

Rejeki nomploooook
◦нê◦нë◦нê◦нë◦нê◦°◦ :pª

Alfido™ - November 23, 2012

woh :(

4. vixy182 - November 23, 2012

Wow.. Chicharcito numpak spacy :mrgreen: …,

Alfido™ - November 23, 2012

hayah, ngerti ae :P

5. zoel - November 24, 2012

Ya gitu deh, selamat juga… Korban kesekian.. :mrgreen:
*kabooorrrrr….

Alfido™ - November 24, 2012

wooooooooooooooooo … :D

6. turidin - November 24, 2012

tp customer servicenya honda bagus tuh mereka malah yg bolak balik nelpon konsumennnya.

Alfido™ - November 24, 2012

iya mas, tp klo waktu problem saya… pihak honda seperti ogah2an

7. bitlow - November 24, 2012
Alfido™ - November 24, 2012

amin

8. Bambang Sugeng - November 24, 2012

Spacy karbu punya keluarga punya masalah yang sama. Sekarang umurnya udah setahun lebih, tapi Km nya baru 4000, alias jarang dipakai karena faktor gak nyaman itu. Apa masih bisa di klaim ya? Kalau gak bisa, spare part apa yang sebaiknya diganti dan berapa harganya? Mohon Pencerahan.

Alfido™ - November 24, 2012

sebaiknya di claim saja mas, klo saya kopling sentrifugalnya yg diganti sama pihak ahass… harganya cukup mahal smpe ratusan ribu

9. bapakeVALKYLA - November 24, 2012

itu fitur.
sama kaya tangki bocor di motorku :D

klingon z1 - November 24, 2012

getar,tangki botjor,rante kemrosak udh hak paten AHM :mrgreen:

velg geal geol,komstir oblagh,shock ambles udh hak paten YIMM :lol:

Alfido™ - November 24, 2012

udah di trademark :D

Alfido™ - November 24, 2012

punyaku lebih lho bapake, blethak jg :D

10. klingon z1 - November 24, 2012

motor honda ga bergetar serasa ada yg kurang,,ini ciyuuuusss loh :D

Alfido™ - November 24, 2012

kyknya bner mas :)

11. suprasepti - November 24, 2012

2 minggu yg lalu bimbang, antara beat fi, spacy fi n mio j… tang ting tung akhirnya ambil mio j dg pertimbangan minim komplain… spacy bnyk yg komplain body getar, trs injeksi honda dgr2 kl rusak hrs beli satu set…lagian dah liat manajemen penjualan spare part lebih bagus yamaha…komplet harga part2, bahkan smp harga mur baut, beda dg honda…

yah walau bnyk yg blg mio j desainnya jelek, yg pntg nyaman n gak bnyk mslh…

Alfido™ - November 24, 2012

semoga motornya g ngecewain kyk yg laen mas :D amin

12. Aruna Hayata Nikimura - November 24, 2012

ternyata masih Enakan Suzuki Hayate ku.
No Problemo.

tupakane penak,nyaman,anteng.
wlo bukan motor sejuta umat tp dikendarai terasa nikmat,dijalanan banyak mata yg melihat.

beat ngebul - November 24, 2012

jadi pingin tuku rek… :D

Alfido™ - November 24, 2012

wah :D

Alfido™ - November 24, 2012

dlu saya smpet pgn hayate mas, tp skrg sudah trlnjur bli spacy

vario125 - November 25, 2012

kalo misal hayate udah injeksi, saya pasti mengutamakan utk beli hayate sebelum vario techno 125

13. Whongpurba - November 24, 2012

Entah kebetulan atau apa ya, saya selalu beli produk Honda dan tidak pernah mengalami masalah. Pertama Honda GL Max 125 cc, sampai saya jual 9,5 tahun pakai, ganti busi baru tahun kelima, itupun karena kasihan kok gak pernah ganti busi bukan karena ada problem, tangki aman-aman saja, pokoke gak menyengsarakan blas, sampai pas mau dijual ditangisi sama anak saya.
Kedua Honda Revo, gak ada problem, dijual pas 2 tahun pakai karena saya dapat motor dinas (Suzuki Thunder 125).
Ketiga Honda Spacy, beli Nop 2011, aman, nyaman, lambat / nyantai oke, cepat oke (biasa > 70 km per jam). Alhamdulillah.

Alfido™ - November 24, 2012

Alhamdulillah mas, klo saya dpet yg kualitas dibawah trus :(

14. kphmph - November 24, 2012

@13
kurang peka ma motor…

15. hi hi hi - November 24, 2012

problem di motor dikasih kode nggak sih di service centre honda/yamaha dll ? jadi umpama ada gejala sama, tinggal merujuk kode problem dan solusinya dari pabrikan yg dapat diakeses semua bengkel di indonesia. jadi gak perlu ke 001 melulu, iya kalau deket, kalau jauh?

Alfido™ - November 24, 2012

biasanya ada mas, tp tergantung bengkelnya juga, klo bengkel kecil agak susah kyknya

16. gold account - Desember 7, 2012

“Saya lapor motor masih terasa getaranya. Dan memang getarannya sedikit berkurang. Namun, kalau boncengan lebih terasa getarannya. Karena, saya agak tidak bersemangat jika harus ke bengkel lagi, saya mengatakan nanti saja ketika service kedua yaitu pada 2.000 km nanti. Ibu Tisya setuju, dan mengatakan. Kalau ada apa-apa bisa menguhubunginya di 021 801 5555 di extension 270.” ujar Bejo.

17. piracetam - Desember 7, 2012

Saya ini pemilik Vario 125 dan terus terang merasa dirugikan. Gue aja yang punya motor honda ga selebay ente sekalian.. .Kalo emang produk AHM bermaslah ya jujur aja napa sih?

Spacy Men - Maret 31, 2013

Pasti vartech 125 ente ngorok dan kadang2 ngempos!!!

18. SPACERMANIA SURABAYA - April 3, 2013

Spacy 2013 saya juga terasa agak gret..gret gitu tapi tidak mengganggu. dan… Beat FI 2013 punya temen saya juga terasa sama persis ada gret..gretnya. menurut sy pasti karena partsnya masih baru, ntar kalo di atas 1000 km sembuh..

19. roy101(kaskus) - Juli 17, 2013

hehehe… postingan ane yang di quote dari spacious . ane roy101. btw SPACY FI yang keluaran sekarang masih getar gak ya?

20. Noor - Desember 25, 2013

Meminimalkan getaran dan greg-greg pada saat start awal di spacy, saya terapkan1. Busi Bosch Super tipe UR 2 CC (hrg 15 rb) dengan penyetelan kerenggangan busi 0,8 (standar dari Bosch 0,7). Bahan bakar pakai Total 92. Kemudian stel kembali putaran langsam (bautnya hitam ada ulir per-nya dekat injector) dapat di stel pakai obeng plus dari bagasi helm lewat lubang intipnya. Selamat mencoba, semoga berhasil.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 547 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: