Beli Motor Kencang, Buat Apa?

image

(pict by tmcblog)

Siang om, kadang miris juga ngeliat yang kecelakaan dijalan gara-gara kebut-kebutan itu banyak, banyak banget.. nggak cuman satu, dua, tapi ribuan,,, penyebabnya sih simpel, gara-gara ngetest top speed, ngetest kekencengan motor, nunjukin “gue lebih cepet dari loe”, ngajak balap orang gak dikenal dijalan, dll.. tapi efeknya yang gede, kadang orang yang gak salah juga bisa kena tabrak bahkan sampe mati..

image

Tadi malem liat blog nya si ipan pertamaxpitu dan ada info kalo salah satu rider motor keunceung merk Y ngetest topspeed di salah satu jalan di Ring Road, Jogja.. pada malam hari jam 01.00 ..

Perlu kita inget lagi, jalan yang ditest si oknum itu bukan sirkuit balap, bukan juga tempat ngetest “keunceung-keunceng’an” motor.. itu Jalan Umum… walaupun dini hari, itu tetep jalan umum..

Kita nggak tau, mungkin aja sodara kita, adik kita, ortu kita, atau pasangan kita lagi jalan jam 01.00 di Ring Road pas ada hal urgent karena mesti ke rumah sakit, dll,, tapi ada yang ngetest motor, trus ke ketabrak, trus mati.. trus siapa yang salah? Pabrik “Y” ? Bukan!! .. yang salah kita sendiri, ngapain beli motor kayak gituan kalo cuman bisa ngetest di Jalan Umum,..

Cari Sirkuit Resmi, punya duit buat beli tapi nggak punya duit buat nyewa sirkuit? Hah, malu sama temen-temen komunitas matic, vespa, dll yang biasa nyewa sirkuit resmi buat latihan..

Sekedar penggambaran, apa sih untungnya kita ngetest topspeed?? Buat apa coba? Kebanggan? Trus dapet duitkah? Atau adrenaline?

Video-video di grup fesbuk, di blog, dll, itu malah menginspirasi alay-alay lain buat ikutan ngetest juga.. dan yang jadi korban bukan cuman si alayers sendiri, tapi juga masyarakat umum, bisa bapak, ibu, adek, sodara, atau pasangan kita.. dan kebanyakan meninggal ditempat… 

sekedar contoh, Coba buka artikel mas Silvervaio berkut:

Innalillahi, CB150R Memakan Korban Jiwa

image

image

Dan artikel dari ipan pertamaxpitu:

Ngebut di jalur Busway kawasaki ZX-6R VS
Kawasaki ER-6N tabrak Honda CR-V , 1 tewas, 1 patah kaki.

image

image

image

Mbok yo sadar mas, om, bro, sis, jangan pernah sekali-sekali njajal topspeed di jalan, nggak ada gunanya.. Apa kalo motor kita lebih kenceng trus kita jadi kaya, kita bisa bahagiain orang tua, kita bisa bikin seneng semua orang? Nggak ada, yang ada kita dapet Mati, dapet celaan dari orang banyak, dapet Sombong juga,, satu paket..

Jadi sekarang, buat temen-temen yang terlanjur beli motor-motor keunceung, terserah motor apa aja.. jangan pernah sekali-sekali njajal ngetest topspeed, kebit-kebutan, ngajak duel, balap liar, di Jalan umum .. 

Mohon kesadaran sampeyan semua, sampeyan nggak mau kan kalo sodara atau ortu kalian Mati di Jalan gara-gara ditabrak alay-alay pengetest topspeed, alay sok keunceung, dll..

image

Monggo, direnungkan.. 

(sumber pict: ipan, smartf41z, tmcblog)

Posted by Alfido

Advertisements

17 Komentar

  1. Agree… -> beli motor kenjtang itu hak, duit aing kumaha aing… tapi menggunakannya sambil ngebut dijalan raya nah itu disumpahin rame rame ajah yuk

  2. kesalahan atpm juga bisa karena di iklan gembar gembor motornya lbh kencang dari pabrikan lain.yg berujung konsumen penasaran dwngan klaim tersebut dan mencoba di jalan umum

    • Huum om, sayange pihak atpm yo gak ngasih himbauan ben g ngetest topspeed di jalan umum… harus’e sebagai pihak utama sing memproduksi motor, himbauan perlu banget… n kesadaran masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*