Sejarah April Mop atau April Fools Day di Indonesia

Alfido.com – Hai gan, April Mop atau April Fools Day akhirnya tiba juga di tahun 2016 ini. April Mop atau yang sering dinamai dengan ‘Hari Iseng Sedunia” itu ternyata mempunyai sejarah tersendiri di Tanah Air kita. Sebenarnya April Mop bukanlah budaya Indonesia yang turun temurun sejak dulu, melainkan sebuah budaya era globalisasi yang menyebar secara cepat ke seluruh dunia.

Sejarah April Mop

Sejarah April Mop di Indonesia sendiri datang dari pengaruh budaya barat yang didominasi Eropa dan Amerika. Lamanya Belanda menjajah membuat Indonesia juga ketularan budaya nakal tersebut. Tapi efek sebenarnya dari April Mop atau April Fools Day baru terasa di era 90an hingga sekarang dimana budaya April Mop seakan-akan semakin merasuk ke kehidupan anak muda Indonesia.

Tiap tanggal satu April beberapa perusahaan besar dunia seperti Google, Microsoft, Yahoo, dan lain-lain sering membuat lelucon unik di tanggal 1 April untuk merayakan April Mop.

April Mop terjahat dan ternakal yang pernah tercatat dalam sejarah adalah ketika Masyarakat Inggris percaya adanya Singa Mandi dibawah London Bridge Tower yang tentunya hanya tipuan belaka. Namun seiring berkembangnya jaman, April Mop kadang disalahgunakan juga untuk mengerjai orang lain dengan cara yang agak kasar dan menghina seperti halnya aksi “Prank” yang sering ditunjukkan para Youtuber atau Pembuat video di Youtube.

Tentunya kita nggak mau jika kita sampai terkena lelucon April Mop ini tanpa kita sadari karena efeknya akan terasa sangat menyebalkan 🙂

Gimana gan, udah ada yang kena April Mop hari ini?

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *