Siap-Siap, Amazon Masuk Indonesia Sebentar Lagi

Alfido.com – Siap-siap, raksasa E-Commerce dunia Amazon masuk Indonesia sebentar lagi dengan membawa sejumlah investasi senilai Rp 8 triliun lebih. Amazon.com Inc atau yang lebih dikenal dengan nama Amazon diketahui memiliki segalanya sebagai toko online kelas dunia dan telah berekspansi di berbagai negara seperti India, Spanyol, Inggris, Jepang, dan lain-lain.

Amazon masuk Indonesia
Amazon masuk Indonesia

Daniel Tumiwa Ketua Umum E-Commerce Indonesia mengatakan secara blak-blakan kalau raksasa Toko Online asal Amerika tersebut akan segera mampir di tanah air. Sejuknya pasar jual beli online di Indonesia menjadi makanan empuk bagi Amazon yang masih sangat rakus di ranah tersebut.

Rencananya Amazon.com akan menghabiskan dana Rp 8 Triliun untuk satu tahun pertama di Tanah Air. Dan seperti biasa, Amazon akan  mengetes pasar terlebih dahulu pada satu tahun pertama. Jika mereka gagal di satu tahun pertama maka mereka akan langsung pergi di Negara yang mereka kunjungi.

Salah satu contoh nyata adalah berkuasanya Amazon di India dalam satu tahun pertamanya. Bahkan Amazon mengalahkan Flipkart yang notabene telah menjadi raksasa Toko Online di India sejak lama. 50 % lebih pelanggan FlipKart tiba-tiba menghilang sejak kedatangan Amazon.

Tapi di Cina, Amazon seperti kehilangan taringnya dalam menghadapi Alibaba. Alibaba yang merupakan raksasa E-Commerce Asia itu mengalahkan Amazon secara telak dalam satu tahun pertama kedatangan Amazon di negeri tirai bambu tersebut. Alibaba yang kini memiliki nama-nama Toko Online besar seperti Lazada dan Tmall tentu bukan lawan yang sepadan untuk Amazon.

Kini di Indonesia tentu Amazon akan membuat kewalahan e-commerce lokal seperti Tokopedia, Elevenia, Blibli, dan lain-lain. Amazon punya banyak fitur unggulan di dunia E-Commerce yang tidak dimiliki oleh Toko Online lokal. Jika Amazon datang, bisa dipastikan banyak Toko Online lokal di tanah air yang mulai gigit jari dan mengalami penurunan konsumen secara drastis.

Di Indonesia nantinya Amazon akan menggunakan domain Amazon.id yang telah mereka beli sejak tahun 2014 lalu. Amazon sendiri berniat menjadikan Indonesia sebagai pasar yang besar di Asia Tenggara karena negeri kita terkenal mempunyai masyarakat yang sangat konsumtif dalam jual beli Online.

Kita tunggu saja kedatangan raksasa Amazon di Indonesia sebentar lagi 🙂

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*