Jadi Youtuber Haruskah Bicara Kasar?

youtuber bicara kasar
youtuber bicara kasar

Youtuber bicara kasar ?

Alfido.com. Hai gan, akhir-akhir ini di sosial media sedang heboh Youtuber baru yang sering bicara kasar dan sambil mengumpat. Ada oknum-oknum anak warnet juga yang sering mengatakan kata kasar seperti f**k, a**g, dan lain-lain. Setelah ditelusuri, ternyata mereka mendapatkan kata-kata tersebut dari Youtube. Nah, kok bisa?

Youtuber bicara kasar
Youtuber bicara kasar

Sebagai sosial media video terbesar di jagat ini tentunya tidak ada yang tidak mengenal Youtube. Baik anak-anak maupun mbah-mbah mayoritas tau tentang sosial media tersebut. Apalagi belakangan ini banyak yang bilang bahwa Youtube lebih baik daripada TV. Tapi, benarkah?

Kebanyakan anak-anak jaman sekarang telah diberi internet secara jor-joran. Mereka pun dengan leluasa streaming video-video di Youtube termasuk salah satunya video gaming yang berisi teman-teman gamer youtuber.

Tapi sayangnya, banyak dari mereka justru menemukan Youtuber yang sering berbicara kasar dalam tiap aksinya. Karena melihat tontonan itu terus menerus maka secara tidak langsung anak-anak dan remaja yang menonton pun mengikuti Youtuber idola mereka dengan berbicara kasar juga.

Youtuber bicara kasar
Youtuber bicara kasar

Bagi sebagian Youtuber, berbicara kasar seolah-olah memang menjadi bahan wajib bagi setiap konten mereka. Jika ditanya lagi siapa yang ngajarin tentu mereka akan jawab “PewDiePie” yang membuat mereka seperti itu. Tapi, kenapa yang ditiru malah kata-kata kasar dan kotornya?

Bagi sebagian besar orang barat (atau bule) berbicara kasar juga ada normanya. Bahkan di Amerika sendiri para orang tua disana menegur secara langsung kepada Youtuber yang ditonton anaknya agar tidak berbicara kasar didepan kamera. Seumpama keceplosan pun wajib disensor sendiri oleh Youtuber tersebut.

Tapi di Indonesia, berbicara kasar dan kotor malah menjadi tren dan dianggap keren oleh sebagian Youtuber. Banyak dari mereka yang menganggap hal tersebut merupakan “ciri khas” dan bukanlah sesuatu yang harus dibicarakan.

Para fans salah satu Youtuber pun ada yang bilang: “Kalo nggak suka ya jangan nonton ***ng !!”

Memang disini bukan saya atau teman-teman yang mau menonton, melainkan para anak-anak kecil dan remaja yang mencari hiburan di Youtube tapi tersesat dan menemukan video-video berisi kata-kata umpatan tersebut. Mereka lah yang jadi korban kalian. Korban dari budaya berkata-kata umpatan sebagai bahasa gaul dalam dunia Youtube.

Jangan kaget jika anak-anak kecil jaman sekarang sudah sangat fasih ngomong kasar didepan teman-temannya dan bahkan kepada orang tua mereka sendiri.

Dan buat para Youtuber tanah air, sebaiknya kita (termasuk kami pribadi) menginstropeksi diri tentang apa yang telah kita buat di Youtube yang tentu akan ditiru secara tidak langsung oleh orang lain. Jadi mulai sekarang lebih baik kita menjaga perkataan dan sikap kita baik didepan video maupun dibalik layar.

Semoga postingan ini bisa  bermanfaat buat kita semua. 🙂

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*