4 Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Jual Rumah

Rumah minimalis adalah salah satu bentuk tempat tinggal modern yang banyak dicari orang. Daripada harus menyewa rumah kontrakan ukuran sempit, orang-orang berduit lebih memilih rumah studio, yang walaupun ukurannya mini, tapi suasana dan kesannya berbeda jauh dibanding rumah biasa.

Apalagi banyak rumah menawarkan fasilitas tambahan seperti keberadaan swimming pool, tempat gym dan fitnees, mini cafe, sampai toko kebutuhan sehari-hari. Fasilitas tambahan ini akan semakin mempermudah akses pemilik rumah agar lebih cepat mengatur waktu hidupnya di dalam ruangan.

Mengingat fasilitas yang diberika juga ekstra, tidak seperti kontrakan biasa, pasti harga yang harus dibayar juga lebih banyak.

Apalagi jika kita sudah nyaman dengan rumah tersebut lalu ingin memilikinya. Uang yang harus kita keluarkan memang lebih, tetapi kita mendapatkan keuntungan untuk berhak menjualnya kembali bila merasa harus pindah hunian.

nilai jual rumah
nilai jual rumah

Berikut adalah faktor-faktor penentu harga jual rumah.

1.            Lokasi

Sama seperti rumah, rumah yang lokasinya strategis pasti bernilai jual tinggi. Terlebih jika rumah dibangun di antara kawasan elit ibukota provinsi atau ibukota negara, tentunya prestise yang didapat harus ditebus lewat harga. Sejauh ini, rumah paling bergengsi di Indonesia ada di kawasan Menteng, Mega Kuningan dan Kebayoran Baru.

2.            Fasilitas

Pernah menginap di hotel lalu merasa terlanjur betah dan tidak mau check out ? Orang-orang yang merasa kehidupannya sudah melekat dengan fasilitas dan pelayanan standar hotel pasti mencari rumah berstandar serupa untuk dibeli. Jadi, semakin tinggi standar fasilitas yang disediakan oleh pihak rumah, harga per unitnya juga semakin tinggi. Selain itu, luas unit rumah ikut menentukan harga jualnya. Semakin luas ukuran per unitnya, semakin luas pula isi dompet yang harus dikeluarkan.

3.            Bangunan

Kualitas bangunan dapat menjamin keamanan penghuni rumah. Material berkualitas akan menambah ketenangan orang yang sedang berada di lantai mana saja sebuah rumah. Karenanya tidak heran jika pemilihan kualitas bahan bangunan menjadi penentu harga jual rumah.

4.            Developer

Pengembang juga menyumbang dalam harga jual rumah. Sebuah rumah yang dijual oleh para pengembang berkredibel akan lebih mahal daripada pengembang baru. Selain itu, jumlah unit yang ditawarkan akan mempengaruhi nilai jual rumah karena berhubungan dengan status serta prestise pemiliknya.

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *