Sebelum Kredit Motor Honda Bekas, Pastikan Kamu Lakukan Hal Berikut

Sobat hendak kredit motor honda khususnya yang sudah bekas atau disebut second? Tidak ada salahnya jika kamu ingin memiliki motor bekas dari showroom motor bekas. Yang terpenting, kamu harus memahami beberapa hal. Selain karena pertimbangan budget yang biasanya lebih murah ketimbang membeli motor baru, pertimbangan lain dalam motor bekas juga harus kamu lakukan. Terutama terkait dengan motor itu sendiri.

Kamu harus bijak dalam memilih mana motor bekas yang sesuai dan tidak akan bikin kamu kecewa setelah kamu membelinya. Misalnya, motor bekas yang hendak kamu beli itu untuk apa? Apakah untuk koleksi, untuk transportasi, untuk pengangkutan atau lainya. Semuanya harus kamu pertimbangkan. Maka ketika kamu hendak membeli motor bekas, lakukan beberapa tahap berikut:

  1. Tidak terpaku Pada 1 Merk / Jenis Motor

Ada banyak produsen motor yang beredar di Indonesia. Dala satu produsn juga memproduksi berbagai merek motor. Jadi jangan sampai kamu sudah terpaku pada satu jenis merek motor saja. cobalah untuk selalu terbuka dalam memilih mana yang terbaik. sebaiknya, kamu coba buat list, mana motor yang ingin kamu beli. Kalau tipe A kosong, kamu bisa ke tipe B sesuai urutan motor yang kamu list.

  1. Spesifikasi Motor

Sobat punya keahlian memahami motor tidak? Kalau sobat tidak punya keahlian, sobat harus bertanya pada yang ahli. Atau sobat bisa juga mencari spesifikasi motor di intenet. Pokoknya sebelum membeli motor sobat harus paham dulu spesifikasinya, hal ini bertujuan agar motor yang sobat beli itu sesuai dengan kebutuhan sobat. Sobat harus pahami dulu kelebihan dan kekurangan motor yang hendak sobat beli.

  1. Cek Harga Pasaran

Berkunjung ke showroom motor boleh-boleh saja. tetapi sebelum ke sana, cek dulu harga pasaran motor yang sobat kehendaki. Jangan sampai sobat mendapatkan harga kredit motor honda terlalu mahal. Juga jangan sampai sobat menawar dengan harga yang terlalu rendah. Carilah referensi harga yang cukup banyak sempai cukup sebagai bahan pertimbangan. Kamu bisa menemukan berbagai harga motor bekas di internet, hanya saja biasanya tiap daerah harganya berbeda. Jadi lebih baik kalau kamu bertanya pada para penjual yang ada di daerah kamu saja sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Sobat juga bisa meminjam uang di pinjaman online untuk bayar DP nya.

  1. Riwayat Kendaraan Bagus

Kalau sudah punya list motor incaran dan juga daftar prakiraan harganya, sekarang saatnya kamu mencari motor yang kamu mau. Kalau sudah ketemu, tahap selanjutnya adalah tahap bertanya. Pertama tanyakan soal riwayat penggunaan motor. Pilihlah yang riwayatnya hanya digunakan untuk kendaraan transportasi yang tidak melewati perairan trus. Sebab kendaran yang terus melewati perairan biasanya mesinya mengalami kropos atau kinimal korosi.

Juga jangan lupa tanyakan apakah motor pernah mengalami kecelakaan atau beluim. Sudah ada spartpart yang diganti atau belum. Pastikan semuan detail informasi tentang motor yang hendak kamu beli lengkap.

  1. Hidupkan Mesin Motor

Sebelum sobat sampai ke tahap pengecekan mesin dengan cara menghidupkanya. Ada baiknya sobat cek semua kondisi fisiknya, mulai dari roda, gigi danlainya. Cek fisik harus terlebih dahulu lengkap sebelum mengecek mesin. Baru setelah itu hidupkan mesin. Cobalah dengarkan bunyi mesinya apakah halus atau kasar.

  1. Kelengkapan Surat Kendaraan

Kalau sudah mesin cocok, fisik oke selanjutnya cek kelengkapan suratnya. Pastikan semuanya ada dan masih aktif alias tidak ada surat yang sudah kadaluarsa. Misalnya pajaknya dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa hal yang musti kamu perhatikan saat hendak membeli atau kredit motor honda dan lainya. Jangan lupa untuk test drive terlebih dahulu.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*