Ragam Inspirasi Modif Motor Antik dan Populer di Dunia

Melakukan modifikasi motor bagi sebagian kalangan, terutama bagi pecinta dunia otomotif merupakan hal yang menyenangkan. Dengan mengubah tampilan motor, mereka akan mendapatkan motor yang sesuai dengan personalitas.

Sebaliknya, tampilan motor bawaan yang standar akan memberikan rasa tunggangan yang biasa saja dan cenderung tidak menarik.

Berbincang tentang ragam inspirasi modifikasi motor, ada beberapa ide modif motor antik yang cukup menarik untuk diaplikasikan. Adanya beberapa ide modifikasi tersebut tentu akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih. Terlebih, setiap ide modifikasi ciri khas tampilan masing-masing yang unik dan berbeda.

Lantas, apa saja ide modifikasi motor yang unik dan populer di dunia untuk dipertimbangkan? Simak beberapa ulasan singkat mengenai hal tersebut di bawah ini.

  • Aliran Bobber Untuk Tunggangan Lebih Ringan

Bobber adalah salah satu aliran modifikasi klasik yang hingga kini masih cukup digemari oleh kalangan pecinta otomotif. Aliran modifikasi ini muncul ke permukaan sekitar tahun 40 hingga 50-an. Jika ditarik mundur, ide modifikasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan modifikasi paling tua yang ada di dunia.

Aliran modifikasi ini pada awalnya dipelopori oleh pemuda di Amerika Serikat yang pulang dari perang dan mengalami kesulitan hidup. Alhasil, mereka lantas kebut-kebutan di jalanan untuk melampiaskan kekesalan dan kegundahan yang mereka rasakan. Pada waktu itu, motor yang paling banyak digunakan adalah Harley
Davidson.

Sebagaimana diketahui, Harley Davidson adalah motor bertenaga besar dengan body yang sangat berat. Nah, aliran bobber ini mengubah Harley yang berat menjadi lebih ringan agar manuver bisa dilakukan dengan lebih baik.

Ciri khas dari modifikasi motor bobber adalah ukuran ban yang lebih besar untuk keseimbangan yang baik. Selain itu, bagian rangka dari motor akan dipangkas sedemikian rupa untuk mengurangi berat dari motor dengan mempertahankan rangka standar.

  • Aliran Café Racer Untuk Adopsi Motor Balap Klasik

Café Racer juga merupakan salah satu ide modif motor antik yang banyak digemari oleh pecinta dunia otomotif hingga saat ini. Sejarah dari aliran modifikasi ini hampir mirip dengan munculnya ide modifikasi bobber.

Bedanya, Café Racer muncul di daratan Inggris Raya seiring dengan pulangnya tentara Inggris dari Perang Dunia II.
Gaya modifikasi ini menggunakan beberapa produk motor yang sangat terkenal pada masa itu. Beberapa produk motor yang digunakan untuk ide modifikasi ini adalah BSA, Triumph dan juga Norton.

Dalam proses modifikasi yang dilakukan, para rockers –istilah dari penggemar aliran modifikasi ini, membuang beberapa komponen motor yang tidak diperlukan.

Pembuangan ini dimaksudkan agar motor menjadi lebih ringan dan kecepatan laju motor bisa bertambah.

Tidak hanya itu, ciri khas lain dari motor cafe racer yang sangat menarik adalah adanya setang jepit yang digunakan. Dengan penggunaan setang jepit, maka badan pengendara akan lebih menunduk seperti pembalap. Selain itu, ide modif motor antik ini juga memiliki ciri lain berupa jok rendah dengan buritan seperti ekor lebah.

  • Aliran Tracker Untuk Motor Segala Medan

Tracker menjadi salah satu aliran modif motor antik yang juga cukup terkenal. Aliran modifikasi ini muncul di Amerika Serikat dan berawal dari penggemar motor lintasan balap flat track, dirt track dan juga board track.

Apa yang menarik dari ide modifikasi ini adalah tangki kecil yang digunakan pada motor dengan bagian belakang motor yang runcing. Motor ini tidak hanya fokus pada performa mesin yang gahar, tetapi juga memperhatikan tampilan fisik motor yang begitu elegan.

Nah, demikian beberapa ide modif motor antik yang populer di dunia. Mana ide modifikasi motor yang ingin Anda terapkan?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*