Analisa Ringan Mengapa Yamaha Begitu Ngotot dengan Jupiter Z1

image

Bro, Bulan Juli ini Yamaha baru saja resmi merilis refreshment total salah satu tipe motor bebek kesayangan mereka dari keluarga besar Jupiter yaitu, Yamaha Jupiter Z1

Sepak terjang Keluarga Yamaha Jupiter sendiri sudah terbukti bertahun-tahun mengisi persaingan di dunia roda dua di tanah air. Mulai dari Yamaha Jupiter sampai Yamaha New Jupiter Z 115cc. Berbagai refreshment dari bodi sampai mesin juga telah dilakukan oleh Yamaha, dan untuk menyambut era injeksi di tahun 2013 besok Yamaha merilis keluarga baru Jupiter yang dibekali sistem injeksi.

image

Pemberitaan di berbagai media tentang Jupiter Z1 berkembang sangat kencang mulai dari spyshoot-spyshoot di dunia blogsphere sampai potongan info yang dirilis sejumlah media. Melihat hal ini sebagai moment yang tepat akhirnya YIMM merilis Jupiter Z1 tepat saat pameran PRJ 2012 sedang berlangsung.

image

Namun melihat info di beberapa blog bahwa Logo Jupiter Z1 bakalan nempel di motor dan baju pembalap Motogp, Yamaha sepertinya akan mati-matian dengan Jupiter Z1 ini.
image
image
image

Jarang sekali produk motor bebek yang namanya bisa menempel sebagai sponsorship di motogp bro, bahkan mungkin sebelumnya belum pernah ada. Melihat antusiasnya masyarakat indonesia dengan event balap akbar Motogp, YIMM sengaja menempel logo tersebut sebagai sponsorship di Motogp.

image

Alasan pertama, yaitu untuk membangkitkan kembali image motor bebek yang dalam waktu terakhir jatuh dihajar penjualan Motor Matic dan Sport. Menurunnya minat masyarakat terhadap motor bebek coba dibangkitkan kembali oleh YIMM dengan memasang logo Jupiter Z1 di Baju dan Motor Lorenzo & Ben Spies.

Kenapa di motogp? Karena pengaruh iklan di motogp sangat besar bro. Masih ingat pengaruh logo semakin di depan dan logo Satu Hati yang dipasang sebagai sponsorship Yamaha dan Honda? Atau logo monster energy di Yamaha Tech3? Pengaruhnya sangat besar di tanah air bro sehingga logo-logo tersebut terkenal dimana-mana dalam waktu cepat.

Alasan kedua, yaitu Yamaha ingin merebut kembali pasar penjualan bebek mid level mereka yang telah direbut oleh New Honda Blade pertengahan tahun lalu yang juga mendominasi penjualan bebek sampai saat ini.

Dan alasan ketiga yaitu Yamaha mencoba memperkuat mindset masyarakat tentang teknologi injeksi dan juga memperkokoh image Jupiter sebagai motor bebek kencang, serta menunjukan kepada masyarakat bahwa motor injeksi juga bisa ngebut!

image

Penjualan New Jupiter Z sendiri telah di orak-arik oleh kedatangan New Honda Blade. Tak mau tinggal diam bebeknya dihajar kompetitor, akhirnya mereka merilis Jupiter Z1 sebagai lawan proporsional untuk mengahadapi serbuan kompetitor..

Persaingan bebek roda dua indonesia pun semakin panas oleh hadirnya Jupiter Z1 ini. Belum lagi beberapa kompetitor juga diam-diam sedang mempersiapkan amunisi mereka untuk bertarung di segmen ini..

Bagaimana nasib motor bebek roda dua di kancah persepedamotoran tanah air kedepannya?

Kita tunggu saja..

Mohon maaf jika ada salah kata, itu semua merupakan analisa saya pribadi..
Terima kasih sudah membaca tulisan saya ini bro..

😀

Sumber photo: detikoto, IWB, Google, Motorplus

Advertisements

29 Komentar

  1. motor bebek tetap akan eksis bro berkisar 30~40 persenlah… karena motor bebek memiliki kelebihan tersendiri terutama untuk transportasi mencari nafkah

  2. lucuya motor buat ngojek dipake pembalap motogp.bisa bisa tuh ojeker pada ngebut bawa penumpangnya..bisa bahaya tuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*