Safety Riding: Hati-Hati Di Tikungan Bro !

Yap, tikungan mempunyai potensi besar kecelakaan bro. Kalau kita tidak hati-hati dan fokus sedikit saja bisa fatal akibatnya. Banyak kejadian-kejadian kecelakaan yang terjadi di tikungan, baik kecelakaan kecil maupun big accident. Kecelakaan di tikungan bisa terjadi karena beberapa faktor bro, yaitu kondisi jalan yang licin, berdebu, atau rusak, faktor pengendara yang kelelahan, mengantuk ataupun tidak fit dan mungkin juga faktor ghaib dan kejadian alam tak terduga.

Pengalaman kecelakaan di tikungan juga pernah saya alami sendiri bro, banyak juga teman-teman saya yang sudah mengalami kecelakaan di tikungan yang lebih parah dari saya.

Pertengahan mei lalu tepatnya setelah pulang dari acara Tumplek-blek yang diadakan majalah otomotif di senayan, saya dan beberapa teman pulang bareng-bareng setelah maghrib dari Senayan menuju Cikarang. Di jalan lurus sewaktu riding pelan-pelan melihat papan jalan karena saya sedikit lupa dengan jalanan di daerah senayan, terlihat di samping kiri saya ada belokan masuk ke gang kecil dan tiba-tiba dari arah kanan, saya ditabrak dengan keras oleh pengendara lain yang ingin berbelok ke gang itu. Tanpa Helm dan tanpa menyalakan lampu sein tiba-tiba orang tersebut menabrak saya, dan tanpa minta maaf juga orang itu kabur gaspol masuk ke dalam gang, sedangkan posisi saya hampir ndlosor karena menahan berat motor menggunakan kaki dan tangan kanan saya terbentur keras spion. Akhirnya dengan terpaksa saya melanjutkan perjalanan dengan tangan memar. Sampai di Jalan Raya Pulogadung akhirnya tangan saya menyerah juga dan sudah tidak kuat memutar grip gas motor. Dan langsung saya telpon salah satu rekan saya untuk ambil alih kemudi kendaraan dan saya membonceng di belakang.

Di kisah lain, ketika teman saya pulang kerja dan belum jauh dari tempat kerja, sewaktu belok di salah satu tikungan tiba-tiba dia langsung ndlosor ke aspal dengan luka cukup parah serta celana plus jaket yang robek lebar karena badan bergesekan langsung dengan aspal. Ketika bangun, teman saya melihat kalau ternyata jalan tersebut sedang disiram air agar debu di jalan tidak berterbangan. Karena sedang sedikit ngebut, teman saya tidak sempat melihat keadaan jalan di tikungan itu (mungkin karena blind spot juga) dan akhirnya jatuh ndlosor tepat di tikungan. Untungnya di tikungan itu cukup sepi dan jarang sekali bis ataupun truk lalu lalang.

Mungkin dua kisah diatas bisa sebagai pelajaran untuk kita agar lebih berhati-hati ketika berada di tikungan. Jangan meremehkan tikungan apapun karena setiap tikungan berpotensi bahaya.

Tips buat para bro semua, sebaiknya kurangi kecepatan saat sedang akan berbelok di tikungan, dan perhatikan juga tanda peringatan di jalan tersebut, bunyikan klakson jika terdapat blind spot yang cukup besar. Ketika riding lurus dan disamping kita terdapat belokan sebaiknya jangan kurangi kecepatan dan menjaga kecepatan tetap konstan karena biker dibelakang kita biasanya akan mengira kalau kita mau berbelok ketika kita mengurangi kecepatan, dan yang terakhir berdoalah sebelum dan sesudah perjalanan agar kita dilindungi oleh Sang Pencipta.

Semoga pengalaman saya dan teman saya diatas bisa menjadi renungan bro semua agar lebih berhati-hati ketika riding melewati tikungan. Pakai selalu perlengkapan safety riding agar terjadi hal yang tidak inginkan.

Bagaimana tanggapan bro semua? Apakah pernah punya pengalaman juga ketika di tikungan?

Keep Safety!!!!

Advertisements

15 Komentar

  1. Baru tadi jatoh dr ninja…ampun padahaal jalen macet…..mo belok kekiri..tiba2motor kaya kehilangan tenaga dan tau miring kekiri…dan aneh nya seperti ada yg jorokin dari kanan jadi tambah berat kekiri , di tambah huk jalan yg sy jatuh itu rusak dan ber batu batu…ga ampun akhirnya rebah jg …mungkin kalo org yg liat nyangka nya ane mabok kali ya, padahal ane sehat walafiat…ga habis pikir…sampe geleng2, jok robek bodi kanan kena gerus batu…yah…nasib padahal baru ngecat knalpot biar jd kinclong lagi tu ninja….eh..ada lagi yg musti di rapiin…cape d…

  2. ねえそこに、あなたがた 信じられないほどの偉大な仕事をしてくれ。 私抣L 確か Diggそれと個人的にお勧め示唆私の友人に。 私はよ 確認 彼らはなる ホームページこの恩恵を受けたこと。

  3. thereby making it best for medium sized organizations. Eveningtoday time administration of accounts receivables is traditionally daily news intensive, time consuming and highpriced. Social networking serves to be a really healthy resource for individuals to pursue, when trying to meet new friends and improve their opportunities of personal satisfaction. This partly arises from the design plus from the tough material they are made from. The theme paper on the subject would be presented by G M Pillai, Founder Director General, WISE, and the panel discussion on the topic would feature distinguished personalities including V P Raja, Chairperson, Maharashtra Electricity Regulatory Commission (MERC); Jan Declercq, Chief Business Development Officer, CG Power, Belgium; and Jose Donoso, DirectorBusiness Development, Gamesa, and President, Spanish Wind Energy Association. The firm is called after the founder who was a specialist in the production of designer purses from natural leather. The portal has a school directory list from where parents can search for Evergreen Public School Najafgarh or st. Selecting a quality pair of Rugby boots is a tedious task.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*