Yuk, Masukin Alat Pengukur Tekanan Ban ke Daftar Tool Kit Motor Kita

Malam Bro Biker sekalian, biasanya sampean kalau mengisi angin ban motor dimana bro? Di pomp bensin, di bengkel, di tukang tambal ban pinggir jalan, atau di pompa sendiri di rumah? Nah, kebanyakan dari kita saat mengisi angin ban hanya mengira-ngira seberapa banyak angin yang masuk menggunakan ‘tunyuk pressure gauge‘ alias menekan-nekan ban menggunakan jempol tangan 😀

Kecuali kalau kita mengisi angin ban di pomp bensin shell, disamping mesin kompressor sudah tersedia alat pengukur tekanan ban digital (kalau di pomp bensin pertamina saya belum pernah liat ada pengukur tekanan bannya). Jadi sewaktu mengisi angin ban kita sekalian bisa melihat berapa tekanan angin yang udah masuk.

Tapi bagaimana kalau tidak ada pengukur tekanan angin ban sewaktu kita mengisi angin?

Jangan kuatir bro, banyak banget alat pengukur tekanan ban aftermarket yang dijual di bengkel-bengkel pinggir jalan ataupun di supermarket seperti hypermart atau ramayana. Ada yang berbentuk stick dan juga ada yang berbentuk analog dan lain sebagainya. Harganya mulai dari Rp. 10ribu sampai berpuluh-puluh ribu.

Karena bingung mencari pomp bensin yang menyediakan alat pengukur tekanan ban selain di pomp bensin shell (saya jarang mengisi di pomp bensin shell karena letaknya cukup jauh) akhirnya beberapa minggu kemarin saya membeli alat pengukur tekanan ban di salah satu swalayan grosir di Cikarang. Bentuknya kecil, ringan dan harganya murah banget bro, cuma Rp. 12.000,- saja (Kalau di Dinomarket harganya Rp.15.000,- Bro). Merknya sih bukan merk terkenal, namun saya tertarik buat mencoba alat tersebut.

Berikut penampakan alat tersebut bro;

Untuk Reviewnya tunggu di artikel berikutnya Bro 😀

Biker Sejati selalu peduli dengan tekanan bannya, kecuali ban sampeyan terbuat dari sepatu 🙂

Hehehe, Silahkan dikomentari Bro…

Kepp Safety!!!!

Advertisements

22 Komentar

  1. Setujubanget nih,tekanan angin kudu sering di kontrol ngefek banget untuk kenyamanan. Saya lebih suka yang digital (gampang dibaca) kalo yg analog rada repot mbacanya,bengkel resmipun suka over psi kalo pake yg analog. Bro Saya mau nanya neh,untuk alat pengukur ban ini ada kalibrasinya nggak ya ?

    • kemarin saya coba keakuratannya di alat ukur digital pomp bensin shell.. setelah saya coba alhamdulillah akurat bro.. tp blm saya buat artikel, mgkn nanti mlm baru saya tulis reviewnya 🙂

  2. Bro pemilik lapak, itu satuan Lb/xx nya setara dgn PSi ndak ? Soalnya yg sering dipake utk satuan pengukuran tekanan kan PSi. Sy jg punya tp yg rada mahalan (bodi besi, ada satuan PSi nya), ditaruh di mobil. Pengen beli satu lagi yg rada murah bwt di motor, klo satuan PSi nya ada boleh jg tuh.

    • satuannya cuma Kg/cm2 & LBS bro.. tapi di informasi tekanan, 29psi = 2.00 kg/cm2 … jadi sama aja bro… kita cuma tinggal konversi dari psi ke kg/cm2… 🙂 kpn2 ntr coba saya cari yg satuannya psi

  3. rider sejati pasti bakal tau apa aja yg paling berguna..

    yang jelas tetep HONDA YG PALING AMAN & NYAMAN!
    (toh jalan raya bukan sirkuit balap cinn…)

    follow: @motogpdistro

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*