Stop! Memberikan Sepeda Motor Untuk Anak Dibawah Umur.. (Sudah Ada 2 Teman SD Adik Saya Menjadi Korban)

 

(ilustrasi: pic from maskurblog.wordpress.com)

Bro, sekarang motor memang menjadi suatu kebutuhan sendiri di masyarakat… Dengan motor orang bisa kemana saja tanpa harus menunggu angkutan, motor juga sebagai alat yang praktis untuk masuk ke daerah yang tidak dijangkau transportasi umum, dan juga bisa buat antar anak sekolah..

Namun seiring perkembangan jaman yang begitu pesat, sekarang motor sering digunakan untuk ajang pamer gengsi dan sombong-sombongan saja .. Banyak anak-anak dan anak muda bahkan rela sampai mengancam bunuh diri kepada orang tuanya supaya dibelikan motor agar tidak dianggap cupu oleh teman-temannya.. Banyak anak SD dan SMP juga yang telah dibiarkan secara bebas oleh orang tuanya menggunakan motor, padahal mereka juga belum pantas untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM)..

Kemarin beberapa hari sebelum saya kecelakaan, sempat diberitahu oleh ibu saya kalau teman sebangku adik saya yang masih kelas 6 SD baru saja meninggal dunia karena kecelakaan dan teman yang satunya mengalami koma plus amnesia.. Sebut saja teman adik saya tersebut bernama Lucky dan yang satunya lagi bernama Budi, sedangkan adik saya bernama Bima..

Lucky baru saja khitan beberapa minggu sebelumnya dan meminta hadiah motor kepada orang tuanya.. karena saking sayangnya kepada anak, maka orang tua Lucky pun membelikan Satu Unit Honda Absolute Revo kepada Lucky.. Setelah belajar motor berkali-kali dan “dianggap sudah bisa” oleh kedua orang tuanya, maka Lucky pun diperbolehkan membawa motor saat berangkat ke sekolah (SD)..

Kejadiannya, ketika pulang sekolah Lucky ingin mengantar Budi kerumahnya yang cukup jauh.. Lucky juga sempat mengajak Adik saya untuk ikut maen ke tempat Budi.. Namun Adik Saya menolak karena takut dimarahi oleh ibu jika langsung maen setelah pulang sekolah.. Akhirnya Lucky mengantar Budi kerumahnya dan Adik saya pulang kerumah dengan sepedanya..

Ketika melewati jalan yang menanjak, Lucky tidak bisa mengendalikan kendali motor karena badannya yang kecil dan belum memahami betul karakter motor, seketika itu pula melaju dengan kencang Truk dari arah atas,,, karena belokan yang cukup tajam, Truk  tersebut tidak melihat Lucky yang mengendarai motor dari arah berlawanan, karena posisi motor Lucky dan Budi mepet ke tengah jalan, tiba-tiba…. (crash)… Lucky dan Budi Tertabrak Truk tersebut tepat di dekat SMA Negeri di Daerah saya.. Lucky meninggal seketika sedangkan Budi yang diboncengnya pingsan.. Warga sekitar langsung membawa keduanya kerumah sakit, karena keadaan Lucky cukup parah, nyawanya tidak tertolong lagi, sedangkan Budi dinyatakan Koma oleh Dokter, dan setelah sadar ternyata Budi juga mengalami Amnesia karena hantaman keras di bagian kepala… Budi Hanya ingat nama Adik saya (Bima) dan Lucky karena mereka sering main bersama-sama..

 

Semoga kisah nyata tersebut bisa menyadarkan kita betapa bahayanya memberikan motor kepada anak dibawah umur.. Untuk para orang tua, jangan pasrahkan motor kepada anak anda yang masih dibawah umur, karena anak tersebut belum sadar dan tahu tentang etika berkendara dan bagaimana seharusnya berkendara yang benar… Semoga Keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan Semoga Almarhum dapat diterima di sisi Allah SWT… Amin..

Semoga Berguna..

 

“Proud To Be Safety Biker”

26 Komentar

  1. ngeri,,,mestinya bocah kecil gt jgn dikasih motor dewas,,,beliin ato bikinin dr mesin jahit,,ehh mesin potong rumput gt,,,biar gak kenceng” naeknya,,,solanya bocah kecil gt lg demen”nya ngebut aplg baru bisa naek motor

  2. saya turut berduka cita. . .

    last , buat ortu2 neh adlah sbuah plajaran pnting. . .
    buat sekolah yg mmboleh kan ank murid nya mmbawa mtor d bwah umur , harus segera buat peraturan tdak boleh mmbawa sepeda mtor. .

  3. PARAHHH jaman Anak Sekarang PADA SOMBONG Kaya KALIAN,omong besar,BANYAK NGELUHNYA,BANYAK Bersyukur MAS,jangan Masuk Telinga Kiri Keluar Telinga Kanan

  4. yah akhirnya sang ortu yang menyesal, memang penyesalan datangnya terakhir gan,.. paling gak semua ortu harus belajar dari kejadian ini,

    ayah ane termasuk keras, ane dibolehin bawa motor pas udah SMA, udah 16 tahun kan udah boleh ngurus SIM to.. adik ane skg yang cewek juga masih belon dibolehin belajar..

    sebenrnya rawannya bukan itu aja,, ditempat ane pernah kejadian ya anak kecil gitu bawa motor, akhirnya dirampok dah.. mana bisa ngelawan dia…

1 Trackback / Pingback

  1. Buktikan Ketangguhan, Revo Cetak Dua Rekor | ambangbatas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*