Posisi Aki New Honda BeAT Fi Dibawah Pijakan Kaki Rider, Apakah Aman Dari Banjir???

Bro, akhirnya ketauan juga letak posisi aki new Beat fi. Ternyata benar yang diutarakan oleh bro julu kalo si new beat fi ini posisi akinya akan berada dibawah pijakan kaki rider,, tapi sebelah mana???

Ternyata posisinya ada dibawah pijakan kaki kanan si rider bro.. Posisi aki BeAT yang sebelumnya berada di bawah seat dipindah ke bawah pijakan kaki rider.. Disitu terlihat jelas satu bentuk cover penutup yang agak nyembul 😀 , hehe ketauan deh .. Salah satu teman saya yang ada di ahm cibitung sempat bercerita kalo dia kaget posisi aki beat fi kok ada di bawah kaki, gimana kalo kena banjir??? Apa gak gila tuh? (pinjem quote matius 😀 )

Yap, mungkin begini analisanya bro… AHM melihat posisi mulut muffler atau knalpot dan berasumsi ketika motor menerjang banjir jika mulut knalpot tidak kemasukan air, berarti aki motor tidak terendam air.. Namun kalo mulut knalpot kemasukan air (posisi air banjir sejajar dengan mulut knalpot) berarti aki motor terendam air banjir 🙁 …

Wah, padahal aki kan seperti alat vital part vital di sebuah motor.. Lha kalo kerendem banjir gimana? Ya, konslet bro.. 🙁 Apalagi sistem injeksi sangat membutuhkan supply arus dari aki ..

Ada beberapa model skutik kymco yang sudah lebih dulu mengaplikasikan cara ini, antara lain:

– Kymco Trend SD25AJ (tahun 2000)
– Kymco Metica SD25GB (lama)
– Kymco Free EX SG20RA

[info kymco: Om AA Maddog, Owner Surabaya Kymco Garage]

Tapi, gimana kalau ada kejadian kayak salah satu pengguna Kymco trend yang akinya dibawah pijakan kaki ini: (dari milis kymco, nama disamarkan)

 

Ada kemungkinan juga AHM membuat wadah atau tempat khusus yang tahan air untuk wadah baterai/aki ini.. IMHO 😀 .. tapi kayak gimana bentuknya ya? Kita liat nanti pas motornya udah launching aja bro, supaya bisa dikoreksi lebih detail 😀

Gimana menurut sampeyan tentang posisi aki new beat fi bro? Bahayakah? atau biasa aja?

Monggo dikomentari.. Semoga Berguna..

Foto: Pinjem gambar kang Taufik Tmcblog

“Proud To be Safety Biker”

52 Komentar

  1. Terlalu beresiko . . . gmanapun juga kita kadang gak tau tu banjir dalem apa gak . . .

    atau mungkin memeng ahm dah bikin cover yang anti air ?

    kita bongkar bareng 2 aja besok . . xixi

  2. aman mas bro. dulu pnh bongkar megi pro. yg udh pake aki kering. ane steam tu casisnya biar bersih dr debu. kebetulan akinya kena cipratan air. dan tnyta ane starter masih nyala. blm tau klo aki basah.

    • kalo kena air steam mgkn ga masalah bro..
      karena kena cipratan air aja dan motor kondisi mati.
      kalo nerobos banjir kan kondisi motor hidup, bisa aja jadi konslet

  3. bknkah mtr itu bkn buat banjir”an?aneh” aja mas ini?hehe..mtr itu dipake bt jalan kering..itulah yg saya tdk suka dr indonesia…bikersnya aneh” dan permintaan pda mtr murah terlalu aneh juga dan berkesan norak!ga kaya di amerika

  4. meskipun pabrikan mengklaimnya bebas konslet tapi janganlah percaya gitu saja, maklum biar dagangannnya laku, logikanya kalo aki di bawah pasti gak bisa nerjang banjir, titik.

    • si pembuat design pasti sudah memperkirakan segala kemungkinan yg ada dan pasti sudah lolos uji dari hal yang di hawatirkan tersabut.makanya berani di produksi

  5. lok aki kering aman drendam di air okey?
    beda dgn pabrikan sblah pkk aki basah g tau kalok yg injeksi lok aki basah perawatan harus rutin
    lok aki kering bebas perawatan

    yg bgus aki gs sma turbo

  6. buat Anda-Anda yg berkomentar kalo posisi aki terdapat di bawah dek terus gak bisa ngelewatin *air banjir(*banjir yg wajar di lewati).Anda-Anda semua udah liat belum Nouvo/Skydrive bisa nerjang banjir,padahal posisi aki di bawah dek.

  7. si pembuat design pasti sudah memperkirakan segala kemungkinan yg ada dan pasti sudah lolos uji dari hal yang di hawatirkan tersabut.makanya berani di produksi….

  8. sekarang udah jelas aman gak nya toh… ahm ga sebodoh yg dibayangkan.. buat motor pakai riset dulu…. hehehehe klwpun ada troble itu wajar kan buatan manusia tapi itu juga tidak semua….yg akinya di atas aja beli sebulan jg bs rusak …:peace

1 Trackback / Pingback

  1. [Video] Aki Honda BeAT FI Ternyata Memang Tahan Air Bro.. « AlfiMoto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*