Edan!!.. Peraturan Pembatasan Jarak Tempuh Sepeda Motor Telah Disetujui Kemenhub…

“ini Artikel lawas Tahun 2012” 🙂

Hai gan, saat ini Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia sedang menggodok suatu UU baru yang membuat para pengendara sepeda motor akan semakin terkekang di jalan raya, peraturan itu adalah Peraturan Tentang Pembatasan Jarak Tempuh Sepeda Motor.. Dan Ternyata kemenhub menyetujui usulan edan tersebut bro!

Berikut isi tentang peraturan edan tersebut dikutip dari Tempo.co:

TEMPO.CO, Jakarta – Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia berencana menerbitkan aturan yang membatasi jarak tempuh kendaraan roda dua. Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Pudji Hartanto mengatakan, hal ini dilakukan karena sepeda motor lebih berisiko celaka saat menempuh jarak jauh.

“Terutama saat melampaui 200 kilometer.” kata dia dalam rapat evaluasi mudik lebaran 2012 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Senin 3 September 2012.

Kepolisian, kata Pudji, akan menyiapkan aturan khusus sepeda motor agar tidak melampaui jarak yang melebihi kemampuan mesin. Ia mencontohkan salah satu poin aturan itu akan melarang sepeda motor bernomor polisi B (Jakarta) untuk memasuki daerah Bandung (nomor polisi D). Selain itu polisi akan menindak pengendara sepeda motor yang membawa muatan berlebih karena membahayakan keselamatan.

“Untuk poin yang lain, kami meminta masukan dari semua pihak sebelum aturan ini terbit, ,” ujarnya.

Dalam catatan Kepolisian disebutkan, jumlah sepeda motor yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2012 mencapai 2.514.634. Angka ini naik 6,16 persen dibandingkan 2011 yang mencapai 2.368.720 kendaraan. Sedangkan jumlah mobil pribadi mencapai 1.605.299 unit, naik 5,60 persen dibandingkan 2011 yang mencapai 1.520.150 unit.

Sedangkan kasus kecelakaan saat mudik 2012 mencapai 4.744 kejadian, dengan jumlah korban jiwa 779 orang. Dari jumlah itu, terdapat 62 kasus kecelakaan di jalan tol dengan korban meninggal 10 orang, luka berat 31 orang, dan luka ringan 78 orang.

Anggota Komisi Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat, Rendy Lamadjido, meminta polisi mengatur batas kecepatan maksimum sepeda motor di jalan raya. Selama ini banyak pengendara yang memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi di luar batas kemampuannya. Pembatasan kecepatan sepeda motor, kata dia, penting untuk menjaga konsentrasi pengendara.

“Pengendara sepeda motor harus memiliki konsentrasi 5 kali lipat dibanding sopir mobil.” ujarnya.

Kenapa peraturan ini edan?, karena peraturan ini dibuat(direncanakan) secara sepihak tanpa meminta respon atau survei terlebih dahulu di masyarakat luas.. Bayangkan bagaimana kalau motor kita berplat nomer H, sedangkan kita tinggal dan mencari nafkah di jakarta (plat nomer B).. Pasti tiap hari kita akan terus dihantui para preman berseragam dan berompi ijo 👿 .. Walaupun motor kita sebenarnya dipaketkan dari kampung menuju Jakarta, tetep aja nggak ada yang bisa lolos dari preman berseragam bro.. Apalagi yang hobi touring, dijamin akan kena sempritan maut di tiap kota..

 

Apa kita harus beli motor di Jakarta juga? Kalau KTP kita KTP daerah, bagaimana caranya? Apa perlu bikin 2 KTP? Atau KTP Palsu? Hmm, Malah tambah bikin ruwet aja peraturan ini bro..

Sebenarnya pemerintah tidak perlu menerapkan peraturan tentang pembatasan jarak tempuh kendaraan bermotor.. Lebih baik Benahi aja dulu sistem transportasi di negeri “wani piro” ini,..

Liat secara baik kenapa banyak masyarakat lebih prefer menggunakan sepeda motor daripada kendaraan lain, karena transportasi di indonesia masih belum sepenuhnya layak untuk dijadikan pilihan utama dalam roda ekonomi & transportasi setiap hari.. Harga tiket yang mahal dan sistem yang masih konvensional masih menjadi momok tersendiri di berbagai sarana transportasi umum..

Berikut kutipan info dari Media Indonesia bro:

JAKARTA–MICOM: Kementerian Perhubungan setuju dengan usulan pembatasan jarak tempuh sepeda motor. Meski begitu, diingatkan agar kebijakan tersebut disosialisasikan terlebih dahulu agar masyarakat memahaminya. 

“Kementerian perhubungan mendukung sepenuhnya. Demi menekan angka kecelakaan. Tetapi, kebijakan ini perlu ada disosialisasikan,” kata Kapuskom Kemenhub Bambang S Ervan saat ditemui di Kantor Wapres, Kamis (11/10). 

Sosialisasi yang dimaksud adalah perlunya setiap pemangku kepentingan seperti Kepolisian RI dan Dinas Perhubungan mulai menyosialisasikan aturan itu kepada para pengguna motor. 

Ia mengaku, pembatasan jarak tempuh memang dibutuhkan agar angka kecelakaan dapat dikurangi, khususnya ketika mudik yang mayoritas menggunakan kendaraan roda dua itu. 

Bambang menambahkan, saat ini, memang usulan pembatasan jarak tempuh itu sedang dikaji oleh kementeriannya bersama dengan pihak Polri. Meski begitu, ia tidak dapat memastikan apakah kebijakan pembatasan itu akan segera dikeluarkan dan berapa jarak tempuh yang diatur. 

“Kami belum bisa memastikan kebijakan ini akan berlaku kapan. Ini masih sebatas wacana,” sebut Bambang. 

Sebelumnya, Polri mewanti-wanti agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor karena tidak didesain untuk jarak jauh. Selain itu, kendaraan roda dua ini juga penyumbang paling banyak terhadap kecelakaan. 

Berdasarkan catatan kepolisian, jumlah sepeda motor yang melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2012 mencapai 2.514.634. Angka itu naik 6,16% dibandingkan 2011 yang mencapai 2.368.720 kendaraan. 

Sedangkan kasus kecelakaan saat mudik 2012 tercatat mencapai 4.744 kejadian, dengan jumlah korban jiwa 779 orang. Dari jumlah itu, terdapat 62 kasus kecelakaan di jalan tol dengan korban meninggal 10 orang, luka berat 31 orang, dan luka ringan 78 orang. (Fid/OL-12)

Yah, beginilah hidup di Negeri Wani Piro ini Bro.. Peraturan dibuat dan direncanakan secara sepihak, yang kena imbasnya masyarakat juga… dan sebagian besar peraturan itu mencekik pengguna sepeda motor yang notabene rakyat kecil, bukan pejabat yang naik mobil import seenaknya dijalanan..

Kita tunggu saja apa yang bakal terjadi kalau peraturan ini diterapkan bro..

“ini Artikel lawas Tahun 2012” 🙂

 

79 Komentar

  1. mobil murahkan mulai dpasarkan so pengendara sepeda motor beralih ke mobil murah kan makin amburadol aja jakarta khususny dan pantura saat mudik,wkwkwkwkwk

  2. sebelumnya benahu dulu transportasi umumnya,jangan maen buat peraturan saja.orang pilih naek motor karena angkutan umumnya gak layak…ini pelanggaran hak asasi.

  3. Sekarang Masyarakat DITINDAS oleh POLISI, Inget Setelah mati pasti akan ada hari Penghakiman, mungkin skrg masyarakat dihakimi oleh polisi, tapi liat dihari nanti, pasti kebalikannya!!!

  4. trus lihat KM dari mana, kalo dari Balikppan bawa motor buat kuliah gimana, kalo cuma dari speedo cepot aja kabelnya. 🙂 bakal ruwet aturannya dan celah besar untuk oknum bermain… sama aja gar2 tutup pentil kena tilang. ..ruwet..ruwet wet.

  5. Lagi2 rakyat kecil yang jadi korban….. Padahal yg mbayar gaji aparat2 itu ya kita sendiri, tp kok ya tega kita yg selalu disikat…..

  6. EDAAAAAAAAAAN… parah ini peraturan… kalo bener-bener udah sah ane kagak bisa jalan2 lagi antar kota nih… ane plat B sering bolak-balik ke bandung-tasik-sumedang buat kuliah sama kerja om… wah di jalan pasti dipalakin preman berseragam terus-terusan ini…

  7. Mending batas kecepatan digencarkan dulu dan ugal-ugalan di jalan langsung ditilang saya sangat setuju
    Paling utama pendidikan tertib lalu lintas, mosok ponakan saya belum bisa naik motor dan pengetahuan aturan lalu lintas 0 besar sudah punya SIM untung masih antar jemput ha ha

  8. Nggak heran klo peraturan ini disetujui dephub,polisi dan dephub kan sama2 rampok berseragam mas.setali 3 uang.polisi dapat lahan buat cari objekan baru,dan lihat saja dephub melalui DLLAJ,sama aja kan kerjanya jg nilangin kendaraan niaga.coba lihat jalanan banyak rusak di seluruh penjuru indonesia karena dilewati truk yg kelebihan muatan,kenapa bisa kelebihan muatan?padahal sdh ada jembatan timbang dan DLLAJ yg suka mungut retribusi dan main tilang?faktor jalan rusak jg nggak kalah besar sebagai penyumbang kecelakaan,dan regulasi pembuatan SIM di negara ini jg amburadul.anak umur dibawah 17 thn aja bisa bikin SIM.gampang,pokoknya wani piro wes.peraturan keblinger,semakin amburadul aja negara ini,rakyat lg yg jadi korban.diseluruh dunia sepertinya cuma indonesia yg punya peraturan model begini.klo beneran disahkan peraturannya saya brenti hobi motor deh,jual aja CBR di garasi,ganti mobil,biar makin macet aja jakarta,dan indonesia,tul nggak

  9. Banyak hal yg bisa dibenahi selain dari membatasi jarak tempuh,seperti perbaikan regulasi pembuatan SIM,pembuatan sistem SIM berjenjang,perbaikan kondisi jalan raya,perbaikan kondisi transportasi umum,sosialisasi safety riding semenjak dini di sekolah2 oleh polisi,sampai dgn mungkin yg agak ekstrem menaikkan pajak kendaraan bermotor bila semuanya sdh dibenahi,dan otomatis orang akan beralih menggunakan kendaraan umum untuk bepergian baik jarak dekat maupun jauh.hanya sayang…polisi di negara ini hanya mau cari gampangnya aja,dan mencari celah dikesempitan,dgn mengusulkan regulasi yg jelas akan jadi pundi2 uang baru bagi mereka.semoga kasus penyelewengan dana mesin simulator pembuatan SIM bisa diusut tuntas,syukur2 banyak oknum polisi korup yg ikut terseret didalamnya,termasuk jendral2nya,petinggi2nya,klo bisa all the bad cop ikut terjaring sekalian,aminnnnn…..

  10. makin menegaskan kalo polantas itu sebenarnya tak lebih dari sekedar “musuh” bagi pengguna jalan,bertambah terusnya angka kecelakaan tiap tahun merupakan indikasi nyata betapa buruknya kinerja mereka

  11. peraturan edan..motor ane plat H ane bw ke tangerang buat gawe..kalo bener jadi, motor ane ga bs di pake dunk..
    #kesel..pengen nonjok yg bikin aturan

  12. tenang,klo uda sosialisasi k bwh,qta blh kok mngajukan gugatan uu k mahkamah konstitusi,qta gugat sj uu ga mutu itu…palagi ane,bro…tiap hr jember – probolinggo,bs2 tiap hr ana setor duwit k polisi bahlul tu.

  13. Seandainya jarak motor dibatasi,itu sih aturan ngawur……………………..
    Ingat indonesia itu dari sabang sampai merauke berjajar pulau2 sambung menyambung menjadi satu,itulah indonesia.
    Tapi kalo aturan itu dijalankan bisakah pembuat aturan menyediakan motor penggantnya…..?

  14. wahhhhh ada UU baru buat melegalkan Tilang n sidang ditempat dg TauSamaTau…. hahahahahahahahahaha pak polisi kok jdi pemeras?..

  15. Jika Undang-Undang Pembatasan Jarah Tempuh sepeda motor ini benar-benar disahkan,maka tidak menutup kemungkinan selanjutnya adalah Undang-Undang Pembatasan Jarak Tempuh sepeda pancal.
    Dan kita sebagai warga masyarakat semuanya pada jalan kaki aja,alias mlaku sikil.
    Peraturan koplak…,wani piro ?

  16. Jalanan kan sarana umum. Milik bersama. Kenapa harus ada aturan yang membatasi satu pihak sih? Emang pas bikin jalanan dananya dari siape pak pulisi??? Dari rakyat lah…
    Sepeda motor dilarang melebihi jarak tempuh 200km dari tempat asal. Sedangkan untuk alternatifnya transportasi umum pun masih belum optimal. Terus kalo mau pergi jauh2 harus punya mobil gitu??? ih waw~
    #peace –v

  17. rakyat kecil semakin dibikin susah, kayanya para pejabat indonesia ingin menjadi musuh rakyat kecil nii…h. hati2 pada para pejabat indonesiaku semakin engkau menekan rakyat kecil maka akan semakin besar kemungkinan untuk hancurnya indonesia karena rakyat akan semakin beringas. ingatlah bahwa tanpa orang kecil engkau takkan duduk di kursi pemerintahan. jangan sampai menjadi kacang yang lupa kulitnya..sebaiknya uji ulang peraturan tersebut karena kecelakaan dijalan tidak semata2 para motoris, banyak juga pengendara mobil yang ugal2an tanpa menghiraukan para motoris.

  18. Tanya sama yang bikin tulisan.
    “Bro, saat ini Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia sedang menggodok suatu UU baru yang membuat para pengendara sepeda motor akan semakin terkekang di jalan raya,..”

    emang udah ada RUU-nya? wong kata Kapuskom Kemenhub Bambang S Ervan aja masih WACANA kok..

    “Kami belum bisa memastikan kebijakan ini akan berlaku kapan. Ini masih sebatas wacana,” sebut Bambang.

    IMHO

  19. Walaaaaah……andai ini bener resmi, ini peraturan ngawuuuuuur….
    Masih terlalu banyak peraturan lain yg belum ditertibkan. Buktinya polisi belum mmapu tuh menertibkan helm, motor tanpa spion, lampu rem tanpa mika dll. Mustinya peraturan sederhana itulah yg dulu ditertibkan,

  20. tersenyum ngeliat komen komen nya , memang sih baru *Wacana* belum bener bener di terapkan. tapi mesti di pikirkan yang matang deh di rundingin bener bener kalo mau buat per-UU beginian. jangan hanya ”Money Talk” jadi lah Manusia yang berfikiran cerdas pak 😀 jangan bodoh :cheers:

  21. semoga otakmu terbuka lebar , walau wacana tetapi bisa saja menjadi realisasi kedepannya , pikirkan setiap orang tidak mampu mempunyai dan membeli mobil . dan karena tarif menggunakan motor lebih murah di banding transportasi lain makanya orang lebih prefer menggunakan motor untuk sarana mudik . tolong di benahi dulu tuh angkutan umum . :p

  22. ini kan aturan goblok jilid kedua,kemaren bikin aturan siang hari kita disuruh nyalain lampu,habis bikin aturan presiden sby koar2 di tv kita disuruh menghemat bbm.logika hematnya dimana?dg lampu nyala pasti konsumsi bbm akan lebih boros.juga boros pada umur lampu yg jadi lebih pendek ,akan cepet putus.Tuhan bikin matahari segitu gede masih kurang terang apa…he?!.Aturan yg baru ini fungsinya kurang lebih sama,sama2 bikin susah orang ,sama2 nggak masuk akal.Orang naek motor itu salah satu pertimbangannya adalah agar kita hidup bisa lebih hemat.Kalok bikin aturan ngomong terang2an aja deh!! mau bikin susah orang gitu…jangan mengatas namakan yg laen2 yg gak masuk akal .

  23. maw buat peraturan tu ya di bicarakan bareng2…..
    praturan yang udah ada aja blum terlaksana dengan baik,kok udah muluk3 maw tambah peraturan

  24. yang celaka itu yg ga’ tau aturan n ga’ safety pak. kami Bikers tau aturan n tau safety riding. Kalo gitu pake aturan aja lagi pake kuda…khan kuda bisa ngerem sendiri…emangnya rakyat negeri ini cuma kalian bos? Peraturan EDAN. Ini juga anggota Dewan,karena udah ga ada lagi yg mo dikorup, malah bikin aturan yang aneh biar ada duit tiap rapat.

  25. siap saya punya IDE gila yg belon macet kendaraan di udara bikin lalintas rambu2 di langit habis macet lucu ditilang lg jarak tmpuh edaan gila,pada gila motor saya bmw bebek merah warnanya.gak.gak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*