Hati-Hati, Naik Motor Matic Lebih Gampang Ndlosor…

image

Bukan cuma sebuah tulisan, namun hal tersebut udah bener-bener saya alami bro… Bahkan udah 2x jatuh dengan pose yang sama 🙁 … resiko terjadinya kecelakaan ringan atau berat akibat pemakaian motor matic lebih gampang terjadi daripada motor tipe lain.. Lho kok bisa mas? Bukanne matic itu nyaman?… Nah karena kenyamanan itu kita jadi nggak sadar akan resikonya 😀

Karena kendaraan saya matic semua (kecuali sepeda saya :mrgreen: ) secara langsung saya sudah merasakan jatuh bangunnya naik motor matic,.. Kita lihat aja ukuran velg dan ban motor matic bro… Ukuran yang kecil, walaupun nggak sekecil matic-matic taiwan yang ukurannya 12 inchi namun potensi bahayanya cukup besar… Saat kita mengerem secara otomatis ban depan dan belakang wajib ngegrip di aspal/tanah, namun karena ukuran ban matic lebih kecil dan ringan, jadi gripnya pun kurang sempurna.. didukung dengan adanya pabrikan yang masih menggunakan ban kecil sebagai ban standar mereka serta efek engine brakes yang nggak ada… Potensi jatuh pun semakin besar… 🙁 ..

image

Sudah 2x (hampir 3x) saya crash pake matic, kebanyakan adalah ndlosor ditengah jalan karena mengerem … yap, karena mengerem pelan pun jatuh bro… apalagi saat hujan ban terasa terombang-ambing terbawa licinnya jalanan… alhasil kita jadi gampang jatuh kapan saja…

Minggu kemarin temen kerja saya juga ndlosor saat naik vario 125nya karena angkot yang berhenti mendadak… dan karena reflek mengerem dengan rem depan (gerakan reflek) didukung engine brake yang loss… akhirnya, gubrakkk… tangan kiri temen saya retak saat jatuh karena terbentur menghentak aspal 🙁 .. Akhirnya sekarang tangan kiri beliau digantung sebelah dalam tahap penyembuhan..

Pake ban standar pabrik aja mudah banget ndlosor, apalagi pake ban standar cacing 🙁 ..

Sebaiknya kalo kita naik motor matic, usahakan mengerem dengan rem belakang bro.. kalo kurang pakem bisa ditambah rem depan dikit aja, jangan banyak-banyak… ya 70% rem belakang, 30% rem depan… kalo sampeyan punya motor yang CBS (Combi Brake System) kayak vario cbs & motor kymco lawas sebaiknya pake rem belakang aja… udah cukup kok bro… (imho)

Brrikut tabel pengereman yang bener dari situs suzuki:

image

image

Latihan ngerem dulu kalo baru belajar naik motor matic supaya nggak kenapa-kenapa dijalan, and jangan lupa berdoa 🙂 …

Hindari mengerem ketika sedang menikung. Mengeremlah sebelum memasuki tikungan

Kalo pengen naik yang lebih aman dan nyaman… Yuk kita minta alat & sistem transportasi ke pemerintah kita 😀

Semoga kita semua dijauhkan dari musibah and celaka, amin…

Semoga berguna..

“Proud To Be Safety Biker”

93 Komentar

    • kemarin ada kejadian pas maghrib,vario nabrak bak truk , truk itu mau putar balik posisi dah setengah badan,si cewe vario kenceng dr arah belakang ,tanpa suara tau2 Brraaakk..!!,tuh motor masih diri,tangan masih disetang,kepala&helm pecah,kedua tangan patah,temen mau nolongi kaga jadi,g berani & g tega kondisinya ky gitu..mgkn matic tll nyaman,suara halus jd kadang pengendara terlena,blm lg sambil smsan,helm diselipin hp waduh…cb liat pengendara matic cewepun kenceng2!! mgkn mmg harus dibatasi cc nya,matic mgkn hny cocok buat diperumahan g prl besar cc nya,yg penting nyaman..safety riding..

      • Wah, ngeri banget mas… kasihan banget tu ceweknya 🙁 … edukasi tentang cara matic yg bner harus disosialisasikan ke masyarakat supaya nggak terjadi kecelakaan-kecelakaan lg… amin

        • Ini lebih kpd attitude kita serta pemahaman ttg mtr matic yg sangat minim, terutama perempuan, asal bs tarik gas udah dianggap bisa.. kalo sering jatuh saya yakin mrk blm pernah naik/ nyoba spd pancal..

  1. Matic saking nyamannya, tangan kiri nganggur akhirnya buat smsan, belum lg ban diganti ban cacing (kurang grip), apalagi di depan mbonceng anak kecil.. Kita numpang beli rokok sebentar akhirnya si anak main buka grip gas dan…… Braaakkk !!! (Pengalaman teman)… 🙁
    Pokoke kudu rajin berdo’a deh kalo brkendara..

  2. bener, sering banget ngeliat pengendara matic yg tiba2 jatuh sendiri. Kedua bebek walo jarang. Kalo motor batangan jarang banget, lebih stabil x ya.

  3. kumplit rek cara ngeremnya 😀
    mantap cak brow 😀
    tapi kita juga gak boleh panik berlebihan
    soalnya menurut pengalaman saya
    kalau panik malah lebih mudah ndlosor 😀

  4. Secara ga langsung sistem pengereman CBS, membantu menghentikan laju motor secara stabil. Tapi apapun otornya, hati-hati itu mutlak

  5. bukan sok nih…. hanya sekedar berbagi 🙄

    Pengguna NMP pemula (atau semua motor yg pke cakram belakang – pemula) juga kesulitan menghandling kendaraan saat mengerem di jalan basah karena akan terasa slip (nggleor). dapat diatasi dengan pengereman secara bertahap, tidak mendadak dan sedikit/secukupnya dengan memanfaatkan engine brake juga.
    Penggunaan rem juga sebaiknya bergantian (menghindari jam(jem) cakram atau drum tromol) pada konsisi jalan kering.
    Pada matic untuk mendapatkan engine-brake pada jalan menurun cukup digas lalu tutup gas (tergantung keadaan).

    *) thanks sensor fotonya.

    http://kphmph.wordpress.com/2012/12/10/opini-beli-oli-ganti-oli-2-solusi/

  6. Belajar dulu …. 🙂
    oleh karena itu kenapa di eropa wajib rem abs untuk motor …
    kita harus asah feeling karena yg pake abs masih sedikit … yg jatuh di gambar itu kan pada pake ban cacing …. standar pabrik sih oke oke aja tuh turing luar kota …

  7. Selain masalah rem, jaga jarak aman terutama ketika lagi ngebut. Waspadai angkot, bis, ato motor yg gak kasih sign waktu mau belok.

  8. Matic gak ada engine break ….saat deselerasi ! Rider hrs tau betul karakter ini …. Logikanya matic hanya untuk riding santai dan tak direkomendasikan untuk turing jauh dan jalanan naik turun kecuali rider yg pengalaman bkn pemula

  9. pertama punya matik ane jg ndlosor gan, tau2 seerr mtr dah dibelakang 😀
    lsg bannya tak ganti lbh lebar naik 2 step skalian tubless….
    justru klo matik porsi pengereman 60% belakang 40% depan kbalikan dg bebek dan sport …

  10. matic pengin ada engine brakenya :
    1. pake kiss clutch (dari tech pulley), atau hit clutch dari dr. pulley di jamin engine brakenya manteb apa lagi pake per cvt keras.
    2. bisa juga pake flying roller. ane pake di vario 125, engine brakenya lebih terasa dibanding roller standar…

  11. Pak RT, masalahnya – menurut ane- rem matic itu ga responnya ga sebagus motor type lain-bebek ato motor batangan- ga bis adiprediksi ketepatannya – ane pribadi lebih suka bebek..kita akan lebih tajem feelingnya tapi matic ..haduhh sering meleset padahal udah setaun pake metik..ampun dah.rada2 nyelonong..

    • Soalnya nggak ada engine brake nya mas, jadi seringkali rem nggak pakem karena menahan berat motor yang nyelonong terus, dan rem depannya kadang juga terlalu pakem jadi rawan ndlosor…

  12. memang pake metik bahaya kalo full rum depan, apalagi kalo stang rada miring dikit. Tapi kadung keenakan naik matic males pake bebek apalagi koplingn.

  13. jangan main salahkan motornya bro, motor nggak ngerti apa2..
    harusnya yg naik yg bisa mengendalikan motor, bukan dikendalikan motor.
    yg penting tu pembiasaan aja, ngerti bener kemauan motor.
    daku aja sering rem mendadak pake rem belakang aja apa depan aja. kalo rem belakang sering sampe ngunci, asal kestabilan badan bagus cuma ngesot dalam keadaan lurus. jadi cuma seluncuran aja, nggak sampe ngepot.
    kalo rem depan, nekannya di lepas-tekan-lepas-tekan berkali2 tapi temponya cepet. jadii kayak ABS manual gitu.. kalo ABS yg asli kan lepas-tekannya diatur modul, nah kalo ini pake feeling.
    sebenernya naik matic tu asik bro, ada sensasi tersendiri yg nggak didapet dari motor jenis lain. bukan soal kemudahan karena matic lho..
    pokoknya rasakan sendiri… 😎

  14. ikut nimbrung. jika dikaitkan dengan artikel di atas, rasanya naik motor, baik batangan, matic, bebek, biasa aja. yang penting si rider harus punya ‘feel’ tentang tunggangannya

    saya kalo naik matic (vario techno 125), lebih sering kombinasi rem depan belakang. cuma komposisi rem depan lebih banyak dibanding rem belakang. malah kalo jalan pelan, rem belakang jarang dipake. ingat, ‘feel’ atas tunggangannya itu yang terpenting

  15. lah, kok retaknya sama kayak ane
    jalan kosong tiba” angkot belok seenaknya mau muter balik
    alhasil jatoh kekiri, tangan patah ( di pergelangan tangan kiri bengkok)
    pake vario125 juga

  16. Berbagi pengetahuan saja..saat melakukan pengereman posisi badan cenderung berpindah kedepan yang mengakibatkan bobot badan kita juga berpindah kedepan, perpindahan bobot ini mengakibatkan tekanan di roda depan lebih kuat dari roda belakang,Tekanan lebih kuat sama dengan traksi/daya cengkeram ban belakang ke aspal lebih kuat. nah kalau daya cengkeram ban depan lebih kuat dari belakang maka untuk menghentikan laju motor secara efektif harusnya rem depan ditekan lebih kuat dari rem belakang, jika kita melakukan sebaliknya , pengereman belakang lebih kuat maka akan sia-sia karena cengkeraman ban belakang ke aspal tidak kuat yang mengakibatkan ban belakang kehilangan cengkraman / traksi dengan aspal, bila hal tersebut terjadi maka kita akan sulit untuk mengendalikan bagian belakang motor nextnya pengendara akan terlempar dari kendaraan. tapi yang perlu diingat saat melakukan pengereman depan gunakan teknik meremas tuas rem yakni di mulai dari kelingking, jari manis, tengah dan telunjuk secara berurutan dengan teknik ini motor akan berhenti secara halus tanpa adanya hentakan yang bisa menyebabkan kita jatuh. semoga bermanfaat. 70 depan 30 belakang tidak berlaku saat musin hujan.

  17. dalam kasus motor matik, tetep rem depan yang berpengaruh saya rasa, kecuali kalo motor mas chopper yang dominan rem belakang…..

    *solusinya adalah kocok rem dan throttling yang bener. Kalo pake rem belakang dominan yang ada ntar ngepot. Rasionya tetep sama dengan bebek, 70 : 30.

  18. yup…terlepas dr sk pasang ban cacing (penyumbang jatoh)
    motor matic resiko jatuh lbh besar,,karna mesinnya yg harus pantengin gas jika belok…nah parahnya lagi kbanyakan kl belok gunaen rem depan (kbiasaan dimotor manual)…baegna rem belakang ; )

  19. Saya juga mengalami nasib seperti anda 2 kali ndlongsor dijalan pakai motor matic .saya alami di tahun 2001 dan barusan hari kemarin.Penyebabnya sama jalan yang baru diaspal yang masih berpasir,dan pengereman mendadak rem belakng kurang berfungsi jadi saya mainkan 70% rem depan 30 % rem belakang.dengan resiko langsung dlongsor diaspal.pakai ban standart mio j.BERHATI HATILAH DAN JANGAN MENGEBUT di JALAN yang masih baru habis diaspal.Tetap gunakan formasi 70% rem belakang 30% rem depan.WASPADALAH !!!

  20. Pengalaman.
    Yamaha mio oleng gara2 rem depan 1x lokasi di cibinong bogor.(pakai motor teman) 02-2013.
    2011 di kawasan foresta BSD CITY tangerang karna jalan yang lebar lurus dan kosong ane laju dgn kecepatan 98km/h
    Jarak 200m ada pengendara mio juga,setelah jarak kurang lebih 15 meter ane siap nyelip dari sebelah kiri karna tu motor jalan ada di tengah sebelah kanan ane kira tu moror mau putar arah karna -+20 ada perboden.eh gak taunya tu motor ngerem mendadak mau belok kiri dan tu motor udah malang di tengah jalan baru sen nyala wLaupun pertigaan arah masuk kampung dah kelewat sekitar 5 meteran.
    D aa n ahirnya brwaaak,,,!tu cewe dan cowo mental sekitar 3meter dari motornya.motor yg ane kemudi sempat berdiri tegak.tp anehnya ane dan temen yg ane boncengin kaga jatoh.tp sayangnya bagian depan mio yg ane kendarai dari lampu bodi spakbor hancur.mana yg ini jg motor teman lagi,,,,,
    hahaha.

    Bebek

    Di taman techno BSD CITY hampir jatoh gara gara mobil di depan ane ngerem mendadak.
    Di gunung sindur bogor ane nyalip truk bawa tanah eh motor revo nyebrang jalan.krosak nabrak lagi dah. Tp aman ane kagak jatuh lagi,mungkin karna aku orangnya kurus tinggi kalau motor oleng kaki bisa langsung turun ke aspal.jadi motor nggak roboh.

    Tips buat anda:
    Jangan terlalu dekat dgn jarak kendarar di depan anda,minimal ambil jarak 10meter
    Jgn suka bunyiin klakson kar bikin kaget pengendara di drpan anda.
    Jangan nyalain lampu sen karna bikin grogi pengendara lawan arah anda.kurangi kecepan minim 30 meter kalau mau belok kanan maupun kiri.
    Nyalakan lampu sen minim 15 meter sebelum belok.
    Jalan yang teratur jgn suka ambil jalan orang lain,karna membahayakan orang lain.
    Kendalikan motor anda jangan sampai motor tg mengendalikan anda.
    Patuhi rambu2 lalu lintas

  21. Ane takut pake motor matik gara-gara sering liat yang celaka pake matic…
    bahkan di pinggir saya sndiri motornya brantakan orangnya masuk selokan, ane ga tega nolongin maju aja terus ga tega lihat orangnya…

  22. tergantung yang bawa gan an aman2 aja yang penting tahu pengetahuian motor cek terutama rem, klo abis naik pangkat dari sepeda ontel ke motor ya gitu, apalagi manual ke matic, apalagi anak ABG sekarang bwa nya kyk setan tu jalan punya embahnya kali ya, intinya berkendara itu harus sabar toleransi sesama pengendara lainya..CMIIW

  23. 12. 2in4 – Desember 13, 2012

    bukan sok nih…. hanya sekedar berbagi 🙄 … … …
    ——————————————————————————
    sorry bos ente emg sotoy
    mang ad matic enjin brake na?… ihi hi3

  24. naik motor jatuh………………….
    bukan karna motornya…………
    pabrikAn sudah merancang sedemikian rupa untuk kenyamanan
    dan keselamatan pengendara,
    semua terjadi di karenakan pengendara itu sendiri(apalagi orang kita yang identik teledor+tidak taat rambu2+minim kesadaran daaannnnn dapat “S.I.M” NEMBAK

  25. Trimakasih informasinya, berdasarkan pengalaman saya, memang begitu, saya juga pernah jatuh krn motor metik, rem di jalan menurun, ban gleoran dan gubrak deh….

  26. Jangan salahin motornya dunk….kembali ke pengendaranya..perhatikan jarak iring..kondisi jalan…atur kecepatan…ane juga pemakai metik..aman2 aje bro n sis..

  27. qu jg pernah jatuh naik matic vario biasa.jatuh pas tikungan,kondisi grimis motor tak bisa ku kendalikan.akhirnya nabrak motor depanku.
    tp skrng ku pake vario wtf iss yg udah cbs,lebih nyaman pake combi break…

  28. saya ga mau beli matic salah satunya karena takut kalau gasnya ngegas sendiri, soalnya saya pernah pake bebek, sering dirawat, habis servis, masih bagus, trus pas jalan tiba-tiba nge gas sendiri, untung masih bisa di kopling kaki, la kalo terjadi pada matic?

  29. betul gan.. jujur aje ane kalo naik motor matic bawaannye parno soale ane juga pernah jatoh bonceng temen pula lagi sampe nyrosot gitu kaya di moto gp hehehehehe…. uda gitu motor yang ane kendarain itu motor temen yg ane boncengin, aduhh ane jadi makin gag enak dehhh…

  30. wah makasih nie gan info nya…
    berguna banget bagi para rider..
    terutama yang suka berkendara matic..

    saya juga pake matic vario 110cc..
    saya juga pernah mau nabrak pass di lampu merah bekasi yang deket terminal bekasi..
    ke jadian nya kemaren …
    saya lagi ngebut baa motor nya…
    saya gak tau kalo abis flayover bekasi ada lampu merah…
    saya ngerem nedadak 60% depan 30% belakang..
    tapi gak ke tahan laju motor saya..
    iya udah saya tancap gas lagi aja…
    keadaan saya lagi bawa jarak tempuh 100kmm/h dan keadaan lagi lampu merah..
    tapi untung nya gak ada polisi sih..hhe
    tapi saya jadi merasa bersalah…
    jadi merugikan keselamatan orang laen.. :/ 🙁

  31. wah, terimakasih atas pencerahanya sekarang saya mau mikir 2x kalau mau beli motor matik dan sekarang saya lagi mengincar YRZ Yamaha 15

  32. ppalagi kalo jalan yang kagak rata (khususnya trek tanah bergelombang)…deg-degan…dan akhirnya..ndlosor.. tp untung tanah..bukan aspal..jadi gak sampe luka.
    matic memang mudah oleng karena kurangnya distribusi berat pada sektor depan dan sangat terasa saat ngebonceng..distribusi berat belakang jadi berlebihan…belum lagi sokbreker yg cuma sebiji.

  33. komen ah..post lawas iki
    sebenernya salah satu faktor penyebab kecelakaan rider kurang menyatu dengan motornya ..asal gas doang.harusnya rider tahu ketika direm begini motor akan begitu ..dan kurang jam terbang juga sih..apalgi emak2

  34. Bukan salah motornya, tapi orangnya… Saya pake Nouvo lele dari tahun 2005 . Tahun 2009 baru pernah nabrak tapi di rumah sendiri. Terakhir nabrak sampai hancur tamengnya tahun 2012 dan akhirnya baru saya jual tahun ini (2014). Itu buktinya motor matic saya bertahan cukup lama (9 tahun).
    Adapun tulisan dalam posting ini menurut saya sih biasanya yang pake matic itu orang yang kurang mahir naik motor konvensional. Harus pindah-pindah gigi lah, bahkan kebanyakan perempuan nggak tahu kapan pindah ke gigi rendah atau ke gigi yang tinggi, apalagi harus narik kopling segala. Lha orang yang naik matic karena alasan inilah yang umumnya asal bisa melintir gas dan motornya jalan sudah merasa bisa. Sayangnya jarang sekali yang mempelajari bagaimana ngeremnya. Benar kata pelatih setir saya : jangan terlalu cepat karena semua orang pasti bisa ngebut, tapi jarang yang bisa nyetir pelan-pelan.
    Yang penting hati-hati lah di jalanan, berdoalah sebelum memulai perjalanan, taati rambu-rambu lalu lintas, gunakan pengamanan yang memadahi, jaga jarak antar kendaraan dan ingatlah bahwa di jalanan kita tidak sendirian, banyak pamakai jalan yang lain

  35. waduh..ngeri juga ya..ternyata kalo pake ban kecil..apalagi yg ukuran 17 pengalaman :
    waktu itu sih sy sama temen sy mau ke kuningan di cirebon,pas lg turunan lupa ngerem didepan ada mobil..oleng deh tuh..motor..brrwakakk..!! temen sy jatoh..mukanya gk keruan tuh..( bukan pecah and mati ) sementara sy ngedempet di ban mobil tulang kaki patah.. itu pengelaman sy paling parah..
    waktu itu sy pake motor fino. hahaaaha
    #nanya kalo mesin diganti misalnya yg berapa cc bisa bahaya nggak tuh?

  36. I was recommended this web site by my cousin. I am no longer positive whether or
    not thks put up is writte through him as no one else recognize such certain approximately my difficulty.
    You’re amazing! Thank you!

  37. attitude pengendara juga sebenarnya mempengaruhi : udah sejiwa sama matic-nya belum ? udah paham safety ride ? gimana toleransi dgn sesama pengendara di jalan ? kalo semua yg pake tanda tanya itu dipahami dengan baik dan bener, insya Allah selamat di jalan 🙂

    saya pribadi lebih suka matic, karena enak buat bawa barang dan simpel.

    kalo masalah nge-rem, saya biasa lepas gas dulu baru tarik rem belakang pelan-pelan. ngendarain apapun kudu waspada dan kita berkendara bukan di arena balap tapi jalan umum 🙂

  38. Bukan rem yg disalahkan tapi kesadaran manusia dalam berkendaralah yang harus ditingkatkan… Sudah benarkah saya berkendara? Kadang kala kebodohan pengemudi motor yang menyebabkan dia sampai crash or terjatuh saat berkendara… Jadi waspadalah….

    • Setuju..ama komen yg di atas jgn salahin motor ato rem nya..ane udah 2x pake motor matic..dari vario 110 ampe sinyaman spacy fi..gada masalah..asal kitanya ati2..dan pinter2 ngerem motor di trek basah/berpasir..pake metik tu yahuud..gak cape oper oper gear..

  39. Ganti ukuran bannya dong mas -_-. Situ punya matic ban ukuran 15(semisal) ganti sama yang 17 atau berapa yang lebih besar -_- dan lebih lebar, saya juga punya vario 125, memang benar pada saat ukuran pabrik(bannya) emang agak deg deg an nyetir waktu hujan, tp setelah ganti ban yang lebih besar, lebih stabil and gk licin. Itu sekedar saran dari ane

  40. Ane sih lebih bisa fokus pake motor sport gan, kenapa?
    1. Dengan postur tubuh yang tinggi dan tangan yang agak panjang, manuver lebih mudah menggunakan sport.
    2. Pengereman triple gan, engine, rem belakang, dan rem tangan yang membuat semua alat gerak bekerja
    3. Lebih fokus di jalan karena respon kita yang cukup (semisal: ada lobang harus ngerem ato nurunin gigi) ketika dalam kecepatan tinggi, coba kalo matic, mendadak ngerem, antara ngerem nya itu ga sempurna sama terlalu sempurna
    4. Stang yang lebar membuat kita lebih mudah dalam manuver, lalu ketika jatuh, kaki tidak terjepit dengan sayap (kalo naked, motor ane Byson)
    5. Lebih berat yang membuat kita menjadi stabil tidak terasa melayang
    6. Ketika dalam kecepatan tinggi, untuk menurunkan kecepatan lebih mantap dan tidak terkesan mendadak
    7. Lebih enak ketika menanjak, ga naik, turunin gigi. Kalo pengalaman matic temen ane, ga nanjak, org belakang kudu turun wkkw
    Kalo menurut pendapat pribadi ane sih begitu gan, udah 2x kecelakaan pake matic dan pake sport alhamdulillah cuma 1x itupun kepeleset karena motor baru dicuci wkwkw

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Toko Buku Import Amazon
  2. Meme Bbm Naik - My Blog
  3. Meme Bbm Naij | Kumpulan Cara dan Pengetahuan
  4. Meme Dukung Bbm Naik | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*