Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Dirumah.. Gampang Om!!

image

image

Pagi om n sis, pagi ini ban motor saya bocor kecil sebenarnya,tapi karena didaerah saya jarang banget yang bisa tambal ban tubeless, akhirnya beraniin diri membeli seperangkat alat tambal ban dibayanr cash Rp.35.000 😀 … berikut cara nambalnya om,


Pertama, kita lihat dulu lubang bocornya om,
image

Lalu kita gunakan alat pembuka lubangnya agar lebih mudah ditambal..,
image

image

Caranya masukkan penusuk dengan tenaga kuat, dan digerakkan maju mundur sampe lubangnya lancar dimasukkin 🙄

Kedua, kita ambil “cacing” karet buat nambal ban tubeless kita om, separo aja gakpapa 😀 …
image

Trus kita leletkan ke pengait penambal dan dilumuri “lem” khusus yg udah tersedia di perangkat tambal ban.
image

image

Ketiga, masukkan pengait penambal ban itu ke dalem ban dengan Tenaga Penuh 😀 sampe masuk “Setengah Inchi” (jangan terlalu dalem om, nanti karetnya bablas) :mrgreen:
image

Lalu cabut pelan-pelan agar si cacing tidak ikut tertarik pengait tambal ban 🙂
image

Potong bagian-bagian cacing karet yang menonjol keluar agar lebih cakep tambalannya 😀 , trus didiamkan selama 10 menit (lebih lama lebih baik) agar lem dan cacing karet bekerja maksimal.
image

image

SELESAI !!!!! 😀 :mrgreen:

Setelah semuanya selesai, tinggal kita isi angin lewat pompa ban atau kompresor angin 😀

Monggo om n sis, selamat mencoba… Jika masih ada yang bingung, monggo dituliskan di kolom komentar

#Alfido

Advertisements

36 Komentar

  1. itu benang cacingnya kalo diganti cacing tanah merah gimana mas? seumpama kita lagi di hutan gitu…trus isi bannya pake cara disebul? mohon pencerahannya,,

    • saya bantu jawab pak

      cari cacing yg udah masa subur kira” umur 8thunan itu punya bodi yg besar jadi bisa buat stock kalo bocor lg…

      lebih bagus kalo gasnya itu nitrogen pak lebih awet..jadi ga usah disebul coz itu udara e CO2…
      jadi bapak tinggal nungging trus ngeden ya kluarin gasnya drdlm tubuh, pasin di pentil ban tubles e trus mpe penuh tuh udara diban e…

      ingat..hanya udara yg dikluarin bukan ampasnya ya..

  2. itu setengah cacing karet tadi di kasih lem semua ya bang?
    ujung alatnya kayak pancing gitu, apa gak tetap ketarik keluar karetnya nanti ketika di tarik keluar?.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*