Jembatan Cirahong, Jembatan Peninggalan Belanda yang Unik dan Bikin Jantung Deg-degan

image

Hai gan, kali ini artikelnya bakal ngebahas salah satu Heritage peninggalan sejarah dari Kolonial Belanda yang berupa jembatan unik yang berara di perbatasan Kota Tasikmalaya dan Kota Ciamis..


Ngiler ngeliat postingan mas aziz warungdohc.com tentang gambar Jembatan Cirahong, saya jadi penasaran buat ngebahasnya juga 😀 :mrgreen: ..

image

image

image

Jembatan Cirahong dibangun tahun 1893 (±124 Tahun yang lalu) dan direnovasi tahun 1954 oleh pemerintah kita. Panjang Jembatan Ciharong 202 meter dan ditopang tiang beton setinggi 46 meter, jika diliat paa siang hari pemandangannya emang ajib banget, namun kalo malem hari nuansa mistisnya Kental banget gan 🙁 mrindiiing.. Ditambah alas jembatan yang masih dari kayu dan berbunyi “klotak-klotak” ketika dilewati, menambah angker Jembatan Ciharong.

image

Berikut data teknis Jembatan Ciharong dari situs wikipedia:

image

Jembatan ciharong juga merupakan jembatan multifungsi, dimana diatasnya adalah Rel Kereta Api dan dibawahnya adalah Jalan Umum untuk Motor dan mobil selebar 1 badan mobil SUV..

image

Dan kalau lewat Jembatan Ciharong pun setiap mobil wajib gantian karena terbatasnya ruang, jadi di tiap sudut jembatan sudah ready para pak ogah pengatur jalan agar tidak kacau.. Dan barisan motor pun juga sering macet disini karena bergantian satu sama lain..

image

image

Namun terlepas dari itu semua, pemandangan cakep bener-bener disuguhin di sekitar jembatan ciharong, dan buat para temen-temen biker, wajib dateng kesini buat cek dan liat langsung pemandangannya 🙂 .. Kalo ada waktu insya Allah saya akan meluncur kesana naik si Gembul :mrgreen: , hehehe..

image

image

image

image

Keep safety gan

Posted by Alfido

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*