Alasan Pria Cari Pasangan yang Mirip dengan Ibu

image

Alfido.com | Life (17 Juli 2014) – Ada sebuah teori tidak resmi yang mengatakan bahwa pria mencari pasangan hidup yang mirip dengan ibu mereka. Benarkah demikian?

Mungkin banyak wanita yang pernah mendengar suami mengatakan bahwa masakan mereka sama enaknya dengan masakan sang ibu, atau senyum mereka cantik seperti senyum ibunya. Menurut pria, pujian-pujian tersebut merupakan sanjungan tertinggi yang diucapkan suami pada istrinya. Sebenarnya, apa sih alasan seorang pria mencari pasangan yang mirip-mirip dengan ibu mereka?

Zona nyaman

Para pria percaya, hidup bersama seorang istri yang memiliki kepribadian sama dengan ibu mereka, merupakan kehidupan ideal yang nyaman dan menyenangkan.

Akur dengan mertua

Sebelum melamar pasangannya, salah satu pertimbangan yang dipikirkan oleh pria adalah tingkat keakuran antara calon istri dengan sang ibu. Tujuannya untuk menghindari terjadi konflik di masa mendatang.

Sebab, bagi pria, memilih antara ibu dan istri, merupakan hal tersulit yang bakal membuat mereka stres dan depresi. Maka dari itu, pria akan berusaha mencari pasangan yang sekiranya berpotensi menjalin hubungan baik dengan ibu di rumah.

Pria adalah anakanak berusia dewasa

Di angka berapapun usia seorang pria, mereka tetaplah seorang bocah yang acap kali membuat kesal dan jengkel. Kaum pria, terutama di Indonesia, terbiasa dilayani oleh ibu mereka. Mau pakai baju, tinggal ambil di lemari. Mau makan, sudah tersaji di meja makan. Mau tidur, kamar sudah dalam kondisi rapi dan wangi. Dengan demikian, tak sedikit pria yang mencari wanita rajin seperti ibu mereka, agar usai menikah, sang istri bisa merawat mereka dengan baik.

Masakan terlezat di dunia, masakan ibu

Wanita yang jago memasak memiliki nilai tambah di mata pria. Terutama jika sajian yang dihidangkan bercitarasa persis seperti masakan ibu, mereka pasti akan memberikan semua yang Anda mau.

Menebus kesalahan

Tak semua pria memiliki masa remaja yang sempurna dan minim pengalaman buruk. Alhasil, saat mereka dewasa, mereka kerap dilanda perasaan bersalah dan berdosa pada ibu. Inilah salah satu yang membuat pria mencari pasangan mirip dengan sosok yang melahirkan mereka ke dunia tersebut. Tujuannya, untuk memperbaiki kesalahan pada ibu dengan berbuat baik pada sang istri.

Teori Freudian

Berdasarkan ahli psikologi, Sigmund Freud, insting alami pria adalah melindungi ibunya, bahkan dari ayah mereka sekali pun. Jadi, saat mereka bertemu dengan sosok wanita yang mirip sang ibu, tanpa mereka sadari mereka ingin segera menjaga dan melindungi wanita tersebut.

Penulis: Silvita Agmasari oleh kompas

Posted by Alfido
Email: alfido@ymail.com
Google+: +Alfido Listiawan
Twitter: @alfido30

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*