Mengintip Tampilan Baru Pabrik Pesawat Terbang Indonesia

image
Pesawat CN235 sedang dirakit di Hanggar PTDI

Alfido.com | News (25 Juli 2014) – Hai gan, industri pesawat terbang di indonesia lagi bangkit-bangkitnya sekarang. Saat ini pabrik pesawat terbang terbesar di Indonesia, PT Dirgantara Indonesia sedang kebanjiran order Pesawat CN 235, Pesawat NC212-400, Helicopter Super Puma, dan masih banyak lagi. Yuk kita intip dalemnya kayak gimana 🙂

image

Pabrik pesawat yang terletak di Area Bandara Husein Sastranegara Bandung ini mempunyai luas 80 Hektar. Parkirannya pun cukup luas bagi semua karyawannya. Saat ini PTDI mempunyai sekitar 4000-5000 karyawan dan terus bertambah. Dulu PT Dirgantara Indonesia pernah pailit dan hampir kolaps karena utang yang selangit, bahkaa pemotongan jumlah karyawan dari 16.000 orang menjadi 4.000 orang. Namun di tahun 2012 PT DI bangkit dan membuat laba yang mencapai miliaran rupiah dan berhasil melunasi hutang-hutangnya.
image

Karyawannya pun sekarang dibuat 2 shift karena saking banyaknya orderan pembuatan Pesawat dan Komponennya. Pesawat TNI dan Pesawat-pesawat pesanan negara lain seperti Amerika, Korea, dan Perancis mendominasi pesanan di PT DI.
image

Komponen bahan pembuatan pesawat PT DI diambil impor dari luar negeri, bahannya terbuat dari Aluminium Aloy khusus. Bahkan PT DI nggak mau ambil aluminium dari dalam negeri atau dari PT INALUM, karena menurut petinggi PTDI, inalum belum bisa membuat bahan aluminium aloy sesuai permintaan dari PTDI.

image
Aluminium aloy bahan pembuat pesawat

Bahannya tertata rapi di rak-rak penyimpanan yang akan langsung diproses oleh para karyawan.

image
Rak-Rak Aluminium tertata rapi

image

Pemotongannya pun nggak asal-asalan, ada mesin CNC khusus dari Jerman dan Italy yang membantu kerja para karyawan. Pemotongan aluminium harus presisi dan sesuai dengan toleransinya, karena jika tidak maka akan terdapat cacat produksi, dan PT DI sangat menghindari hal tersebut.

image
Mesin CNC Pemotong dan pembuat baut bahan baku pesawat

image
Pembentukan Struktur badan pesawat

Saat ini PT DI sedang mengerjakan pesanan pesawat CN235 dari luar negeri dan dari TNI. Ada juga helikopter super puma yang sedang dikerjakan oleh pihak PT DI.

image
Pesawat CN235

image
Pesawat CN235

image
Helikopter Super Puma

1 pesawat Batavia air mangkrak di hanggar PT DI karena nunggak pembayarannya, dan belum bisa di ambil oleh pihak Batavia Air.

image
Pesawat Batavia Air Mangkrak di Hanggar PT DI karena menunggak pembayaran perawatan

Kedepannya PT DI ingin terus meningkatkan produksinya lebih banyak lagi. Dan ingin bisa lebih banyak melayani pesanan pesawat terbang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

image
Pesawat N250 Buatan Pak Habibie yang masih menunggu sertifikat dari Amerika

image

image
Pesawat CN235 buatan PT DI dipakai oleh Coast Guard Amerika

source: tempo, liputan6

Posted by Alfido
Email: alfido@ymail.com
Google+: +Alfido Listiawan
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*