Lampu Halogen ditilang Polisi Jadi Kontroversi

 

Alfido.com | News (5 Sept 2014) – Hai gan.. tadi pagi akun twptter TMC Polda Metro menilang salah satu pemotor di daerah Kelapa Gading, Jakut karena memasang Lampu Halogen di motor Honda Beat-nya. Lho, bukannya semua motor jaman sekarang udah pake lampu  Halogen?

image

Kontroversi penilangan lampu Halogen dinilai salah kaprah oleh masyarakat, karena polisi mengira lampu yang terang dan silau itu bernama Lampu Halogen, padahal itu adalah Lampu HID atau Xenon. Lampu jenis halogen sudah menjadi standar motor keluaran baru yang bertebaran dipakai masyarakat.

Kalo Lampu Halogen ditilang, berarti semua yang pake motor ditilang dong? 🙄

Berikut perbedaan lampu Halogen dan lampu HID:

Halogen adalah lampu pijar tetapi bola lampunya diisi dengan gas halogen sehingga lebih terang dari lampu pijar biasa.

Lampu HID (High Intensity Discharge) atau yang lebih dikenal dengan nama lampu Xenon mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat intensitas yang tinggi. Untuk tingkat keterangan warna dari lampu HID ditentukan oleh satuan derajat Kelvin (K). Sedangkan untuk menyalakan lampu HID diperlukan Ballast yang merupakan alat untuk menyediakan dan mengendalikan voltase lampu termasuk juga untuk menstabilkan aliran listrik.

Jenis/Tipe Lampu HID
Sekarang ini sudah banyak sekali jenis lampu HID dari berbagai merk / tipe dengan kualitas yang berbeda-beda, produksi dan penggunaannya pun saat ini tidak hanya untuk mobil melainkan motor pun sudah bisa.

Untuk jenis/tipe lampu HID yang beredar dipasaran, umumnya terdiri dari lampu-lampu model H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Yang membedakan satu dengan yang lainnya ada pada kedudukan bohlamnya, sedangkan untuk ballast sama semuanya. Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dengan lampu dekat jadi satu.

Tingkat keterangan warna
Lampu HID punya banyak tingkat keterangan yang ditentukan berdasarkan satuan derajat Kelvin (K) dan setiap nilai memiliki warna sinar lampu yang berbeda-beda. Berikut adalah macam warna berdasarkan tingkat derajat Kelvin (K)

* 4300K   Kuning
* 5500K   Putih agak kuning
* 6500K   Putih
* 8500K   Putih-biru
* 10000K Biru agak ungu
* 12700K Ungu
* 15000K Pink

Sebagian pemakai banyak menggunakan yang 5500 K kebawah agar rumah lampu tidak hangus.
Untuk sepeda motor dan mobil sama saja merknya : Provision, Huricane, Vision, dll.

Harganya antara 800 rb – 4 jt

Dan berikut statistik Lampu HID (xenon) dan Lampu Halogen dikutip dari Kompas Otomotif:

image

Jadi Bapak Polisi tolong diklarifikasi lagi karena bisa memicu kebingungan di masyarakat tentang penggunaan Lampu Halogen dan Lampu HID.

Berikut komentar-komentar tentang penilangan Lampu Halogen dari masyarakat:

image

image

image

Semoga bermanfaat..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*