BMKG luncurkan bola dunia "With Globe" untuk akurasi peramalan cuaca di dunia.. keren gan !

image

Alfido.com | News (11 Sept 2014) – Hai gan.. BMKG indonesia akhirnya merilis mainan baru berbentuk bulat tapi bukan sembarang mainan karena itu adalah alat untuk melihat cuaca, tsunami, dan gempa bumi dari seluruh wilayah dunia. Hal ini bener-bened sangat membantu kita rakyat indonesia yang sering banget ditimpa musibah alam yang sulit diprediksi.

Menurut BMKG, alat itu bisa membaca tsunami secara live namun belum bisa membaca gempa bumi karena sangat sulit memprediksi kemunculan suatu gempa.

Alat ini sendiri didatangkan dengan lisensi langsung dari jepang yang udah teruji secara langsung karena saking banyaknya juga gempa bumi disana.

“Lima parameter yaitu mengilustrasikan gambaran animasi tutupan awan cloud cover dari satelit imagery, ocean current atau arus laut, sea surface temperature atau suhu permukaan air laut, surface isobar atau tekanan permukaan bumi, dan signicant weather. Dengan demikian kita bisa melihat keterkaitan di Indonesia dan kejadian di permukaan bumi yang lain,”

Artinya With Globe akan menjadi alat pantau temperatur seluruh permukaan bumi dengan data yang lebih akurat melalui citra satelit yang mencakup keadaan langit, laut, tekanan bumi dan suhu yang signifikan secara global. Jika sebelumnya, alat-alat yang digunakan BMKG hanya bisa memantau cuaca/iklim permukaan Indonesia hingga Asia Tenggara, melalui With Globe BMKG dapat memantau iklim dunia. Dan bahkan mendeteksi terjadinya bencana alam, seperti tsunami. With Globe akan dioperasikan di kantor BMKG dari pukul 07.00-19.00.

Pembahaaruan teknologi yang dilakukan oleh BMKG tentu saja suatu kemajuan dan kabar gembira untuk semua masyarakat tentunya. Harapannya semoga saja dengan kehadiran Globe With, BMKG dapat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat terutama tentang informasi cuaca, iklim, kualitas udara, perubahan iklim, seismologi teknik, tanda waktu, listrik udara, gempa bumi dan sunami. Sehingga dapat membantu masyarakat secara riil dan datanya dapat dijamin kebenarannya yang juga otomatis menempatkan BMKG sebagai informan utama kepada masyarakat tentang berita cuaca. Dan sayapun tidak akan malas lagi menyaksikan Prakiraan cuaca di televisi. Mari kita nantikan kinerja Teknologi With Globe ini!

Semoga kedepannya musibah di indonesia lebih diprediksi lagi secara maksimal agar kita bisa lebih tenang 🙂

Ditulis oleh Alfido
Email: alfido@ymail.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*