Pak SBY: "Pertahankan Pilkada langsung oleh Rakyat"

image

Alfido.com | News (15 Sept 2014) – Hai gan.. Akhirnya Pak Beye Presiden kita dalam 10 tahun terakhir ini buka suara juga tentang RUU Pilkada. Lewat akun youtube Suara Demokrat, Pak Beye mengatakan jika beliau lebih menyerahkan Pilkada sepenuhnya kepada rakyat karena selama ini rakyat sudah terbiasa dengan Pilkada langsung.

Berikut wawancara kepada Pak Beye:

“Partai Demokrat, saya pribadi melihat ada dua aspek penting yang mesti kita lihat secara jernih. Pertama begini, sistem pemilihan kepala daerah langsung ini sudah berjalan selama 10 tahun. Rakyat sudah terbiasa,”

“Ini juga segaris dengan sistem presidensial, di mana presiden dipilih secara langsung. Berbeda dengan sistem parlementer. Pemimpin, apakah perdana menteri atau jabatan yang setara, dipilih oleh parlemen, karena rakyat memilih parlemen,” papar SBY.

“Kalau kita kembali pada pilihan kita, buah dari reformasi yang kita jalankan selama ini tentunya pilihan kepala daerah langsung itu mesti kita jaga dan pertahankan sebagaimana pula pemilihan presiden secara langsung,” ujar SBY.

“Kenyataannya, dalam 10 tahun ini pula banyak ekses yang terjadi dalam pemilihan bagi gubernur, bupati, maupun wali kota. Dalam pilkada, misalnya, banyak sekali ditengarai penggunaan uang yang tidak jelas. Apakah politik uang atau money politics ataukah penggunaan uang yang lain,” tutur SBY.

“Kalau saya pribadi yang telah memimpin selama 10 tahun ini, kalau dulu kita ingin melaksanakan pemilihan secara langsung, ya itulah yang mestinya kita jaga. Tapi tidak boleh ya sudah itu saja, ada kok kelemahannya. Itu yang kita perbaiki secara fundamental. Itu yang Demokrat sedang pikirkan sekarang ini mudah-mudahan satu dua hari ini kami memiliki posisi yang tepat,” tutup SBY.

Berikut videonya:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Fl2H5SUJNy8?list=UUSkzWdSH66rk4r3ezbVFnQQ&w=560&h=315]

Terimakasih pak Sby, karena masih percaya kepada kita sebagai rakyat jelata..

Ditulis oleh Alfido
Email: alfido@ymail.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*