UU Pilkada resmi sah, Ahok dan Ganjar jadi pensiun?

image

Alfido.com | News – Hai gan.. akhirnya RUU Pilkada resmi disahkan di sidang kemarin. Mengutip sedikit pernyataan Pak Ahok dan Pak Ganjar tentang UU Pilkada, kedua pemimpin daerah tersebut kompak bilang akan pensiun. Tapi, benarkah demikian?

Yap, Pak ahok melalui laman media nasional mengatakan jika beliau akan pensiun jika UU Pilkada resmi disahkan. Begitu juga Pak Ganjar yang juga mengatakan demikian. Pak Ganjar mengatakan beliau mendingan pensiun, karena  beliau sendiri merupakan produk pilkada langsung.

image

image

Tapi, ada satu hal yang harus digaris bawahi disini. Yaitu:

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007, tentang Jakarta sebagai ibu kota negara. Dalam pasal 10, secara rinci dijelaskan bahwa Jakarta dipimpin oleh satu orang Gubernur dibantu oleh satu orang Wakil Gubernur yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,”

Jadi, walaupun UU Pilkada oleh DPRD disahkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pulau Jakarta tetap dipilih oleh rakyatnya secara langsung. Hal itu adalah salah satu bentuk keistimewaan Daerah Khusus Ibukota.

Namun, di lain sisi Pak Ganjar selaku Gubernur Jawa Tengah saat ini bisa aja pensiun nantinya setelah masa jabatan habis. Bisa juga saat ini jika mau..

Terlepas dari itu semua, keputusan udah ditetapkan dan UU Pilkada udah disahkan. Namun masih ada peluang untuk menuntutnya ke Mahkamah Konstitusi jadi segala kemungkinan masih bisa terjadi beberapa hari kedepan.

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=7]

Ditulis oleh Alfido
Email: alfido@ymail.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*