Peringati "Pertempuran 5 Hari di Semarang" besok area sekitar Tugu Muda DITUTUP !!!

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Dalam rangka memperingati sejarah Pertempuran 5 hari di Semarang, rencananya besok selasa 14 oktober 2014 sore, area sekitar tugu muda dan juga jalan yang mengarah ke Tugu Muda akan ditutup mulai jam 17.00 WIB karena akan diadakan upacara peringatan secara resmi yang akan dibuka pukul 18.00 WIB.

Peringatan Pertempuran 5 hari di semarang ini rencananya akan dihadiri juga oleh perwakilan SMP, SMA, SMK Kota Semarang serta dari kalangan mahasiswa, taruna AKPOL, AKPELNI, PIP, DENPOM, YONIF, ARHANUDSE, BRIMOB, LANAL dll. Para veteran perang, serta para pelaku perjuangan.

image

Peringatan pertempuran 5 hari di Semarang menjadi saksi penting ketika bangsa indonesia melawan kekuasaan Jepang. Saat itu tentara Jepang yang bergerak dari Irian ke Jakarta kehabisan bekal dan tinggal sementara waktu di Semarang.
image

Di saat istirahat itulah para pemuda semarang menyerang jepang dengan sepenuh tenaga mereka. Namun karena kalah kuat dan kalah pengalaman dalam hal peperangan, akhirnya korban dari pihak pribumi jauh lebih banyak yaitu sekitar 2000 jiwa, sedangkan di pihak jepang sekitar 850 jiwa saja yang tewas. Perjuangan yang berat itu terbukti nggak sia-sia. Kekuatan army atau tentara jepang pun menurun drastis karena banyak tentara yang tewas, patah tulang, serta kelelahan. Dan hal inj juga menjadi salah satu kunci kemerdekaan indonesia.

Demi mengenang peristiwa tersebut maka dibangunlah Tugu Muda untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di pertempuran 5 hari tersebut. Dan disahkan oleh Bung Karno.

Berikut foto-foto peringatan “Pertempuran 5 hari di Semarang” pada tahun-tahun yang lalu:

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=7]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*