Kisah perjalanan Jokowi dari bangku SMA ke kursi Istana Kepresidenan

image

Alfido.com | Profil – Hai gan.. Hari ini hari yang bersejarah buat bangsa indonesia seluruhnya. Presiden terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo alias Jokowi akan dilantik dihadapan 200 juta lebih peduduk negeri ini. Mulai hari ini 20 oktober 2014 kita akan melihat secara langsung sepak terjang Jokowi dalam memimpin indonesia.

Di artikel ini saya mau membahas sedikit perjalanan Jokowi dari masa-masa SMA nya sampai bisa duduk sebagai Presiden RI 2014-2019.

Jokowi lahir di Surakarta 21 Juni 1961 merupakan anak dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo.

Rumah Jokowi pernah digusur sebanyak tiga kali pada saat ia masa kecil, tapi ia mampu diterima di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada dan setelah lulus berhasil menjadi pengusaha mebel.

image

image

image

Setelah itu, karier politiknya dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah kota Surakarta menjadi kota pariwisata, budaya, dan batik.
image

image

image

image

Pada tanggal 20 September 2012, Jokowi berhasil memenangkan Pilkada Jakarta 2012, dan kemenangannya dianggap mencerminkan dukungan populer untuk seorang pemimpin yang “baru” dan “bersih”, meskipun umurnya sudah lebih dari lima puluh tahun.
image

image

image

image

Semenjak terpilih sebagai gubernur, popularitasnya melambung tinggi dan ia terus menjadi sorotan media. Akibatnya, muncul wacana untuk menjadikannya calon presiden untuk pemilihan umum presiden Indonesia 2014. Ditambah lagi, hasil survei menunjukkan bahwa nama Jokowi terus diunggulkan. Pada awalnya, Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa ia tidak akan mengumumkan Calon Presiden PDI-P sampai setelah pemilihan umum legislatif 9 April 2014. Namun, pada tanggal 14 Maret 2014, Jokowi telah menerima mandat dari Megawati untuk maju sebagai calon presiden dari PDI-P, tiga minggu sebelum pemilihan umum legislatif dan dua hari sebelum kampanye.

image

image

image

image

Dan sekarang, Jokowi telah memenangkan Pilpres tahun 2014 dan berhak menjabat sebagai Presiden Indonesia untuk tahun 2014-2019 terhitung mulai hari ini 20 oktober 2014.

image

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=7]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*