Pakai 'dresscode' Putih khas Jokowi, berikut beberapa nama yang bakal menjadi menteri di susunan kabinet Jokowi-JK

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Jokowi menganjurkan dan meeghimbau para menteri terpilih agar memakai atasan Putih dan bawahan berwarna hitam. Alasan pemakaian dresscode ini agar menyamai dengan dresscode yang biasa dipakai oleh Jokowi. Dan bajubya pun tidak dimasukkan ke celana.


Berikut beberapa nama yang disinyalir kuat menjadi menteri di Susunan Kabinet Jokowi-JK:

1. MARDIASMO
Marsdiamo saat ini masih menjadi sebagai Kepala Badan Pengawasan dan Keuangan Pemerintah (BPKP). Marsdiasmo mengaku tak pernah dipanggil Jokowi  ke istana. Namun, pada Sabtu (25/10/2014) malam, dia dihubungi Jokowi dan diminta untuk datang ke Istana Kepresidenan pada Minggu sore ini. Mardiasmo diproyeksikan sebagai Wakil Menteri Keuangan

2. BASUKI HADIMULYONO
Basuki adalah Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum. Basuki mengaku sudah pernah dipanggil Jokowi satu kali ke istana. Di dalam pertemuan itu, Basuki mengaku ditanya soal program bendungan hingga irigasi.

3. SALEH HUSIN
Saleh adalah salah satu calon menteri yang berasal dari Partai Hanura. Dia merupakan orang yang paling terakhir dipanggil Jokowi yakni pada Sabtu (25/10/2014) siang. Saleh dikabarkan akan menempati pos sebagai Menteri Perindustrian.

4. LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN
Lukman Hakim adalah Menteri Agama pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang masuk di penghujung pemerintahan SBY. Lukman masuk menjadi Menteri Agama menggantikan Suryadharma Ali yang tersangkut masalah korupsi. Pada proses seleksi di Istana, tak diketahui kapan Jokowi memanggilnya. Namun, politisi PDI-P Aria Bima mengungkapkan, PPP mendapat satu kursi menteri dalam kabinet Jokowi-JK. Nama Lukman pun kembali dijagokan mengisi posi Menteri Agama.

5. RYAMIZARD RYACUDU
Ryamizard adalah mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Dia pernah satu kali dipanggil Jokowi. Usai dipanggil Jokowi, Ryamizard tak mau berspekulasi soal tawaran menteri. Dia menyatakan tak mau berbicara sebelum benar-benar diumumkan presiden. Pengalaman gagal menjadi Panglima TNI, menurut Ryamizard, menjadi pembelajaran baginya. Nama Ryamizard dikabarkan akan mengisi kursi Menteri Pertahanan.

6. SUSI PUDJIASTUTI
Susi adalah pemilik perusahaan penerbangan Susi Air dan juga pengusaha lobster. Susi juga pernah dipanggil Jokowi ke Istana Kepresidenan. Dia mengaku bertemu Jokowi dan ditanya perihal masalah perhubungan hingga perikanan. Dengan pengalamannya itu, Susi diproyeksikan menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

7. SOFYAN DJALIL
Sofyan pernah menjadi Menteri BUMN pada tahun 2007-2009 dan Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2004-2007. Tak diketahui pasti kapan Jokowi memanggil Sofyan. Namun, nama Sofyan santer dikabarkan akan duduk di kursi Menteri Koordinator Perekonomian.

8. TEDJO EDY PURDJIANTO
Tedjo Edy adalah Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut tahunn 2008-2009. Setelah pensiun dari TNI, Tedjo Edy kemudian didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina Ormas Nasdem menggantikan Sri Sultan Hamengkubuwono.

9. YUDDY CHRISNANDI
Yuddy adalah politisi Partai Hanura. Namanya sempat mencuat sebagai salah satu politisi muda Partai Golkar. Namun, Yuddy kemudia hijrah ke Partai Hanura dan menempati posisi sebagai Ketua DPP bidang Kepemudaan. Pada kabinet Jokowi-JK, Yuddy diproyeksikan mendapat tempat calon Menteri Pemuda dan Olahraga.

10. AMRAN SULAIMAN
Sebelum terpilih sebagai menteri, Jokowi sempat mengutus dua orang anggota mantan tim transisi untuk menemui Amran di Panakukkang, Makassar. Amran adalah Direktur Utama Kelompok Usaha Tiran Group. Koordinator Tim Sahabat Rakyat untuk Indonesia Timur itu tercatat sebagai donatur terbesar kampanye pemilihan presiden 2014 di Sulsel. Dia menyumbang Rp 500 juta untuk pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla. Amran diproyeksikan menempati posisi Menteri Pertanian.

11. RETNO L.P. MARSUDI
Retno Marsudi kembali ke tanah air di sela-sela dinasnya sebagai Duta Besar RI untuk Belanda. Dia dipanggil Jokowi dalam proses seleksi menteri. Retno diproyeksikan akan menjadi Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

12. NILA MOELOEK
Nila Djuwita Anfasa Moeloek adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dan Dubes Indonesia untuk Urusan MDGs Nila Afansa Moeloek. Dia digadang sebagai calon Menteri Kesehatan di era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah menunjuknya sebagai menteri kesehatan, namun batal di detik terakhir.

13. TJAHJO KUMOLO
Tjahjo adalah Sekretaris Jenderal PDI-P. Tjahjo sempat dipanggil Jokowi satu kali ke istana. Tjahjo juga merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014. Dia diproyeksikan sebagai calon Menteri Dalam Negeri.

14. SITI NURBAYA
Siti memiliki karier yang panjang di bidang kesekjenan. Dia pernah menkadi Sekjen Kementerian Dalam Negeri dan Sekjen Dewan Perwakilan Daerah. Siti juga satu kali dipanggil Jokowi ke istana dia diproyeksikan sebagai Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

15. KHOFIFAH INDAR PARAWANSA
Khofifah adalah Ketua Umum Muslimat NU. Perempuan kelahiran Surabaya, 19 Mei 1965 itu sempat menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 1999-2001. Khofifah diproyeksikan sebagai calon Menteri Sosial.

16. BAMBANG BRODJONEGORO
Bambang merupakan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu). Bambang pernah satu kali ke Istana Kepresidenan untuk menemui Jokowi. Bambang diproyeksikan sebagai calon Menteri Keuangan.

17. HANIF DAKHIRI
Hanif saat ini adalah Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hanif sempat dipanggil satu kali ke Istana Kepresidenan bersama dengan kader PKB seperti Imam Nachrowi, Marwan Ja’far, dan Mohammad Nasir. Saat ini, dia diproyeksikan menjadi calon Menteri Ketenagakerjaan.

18. ANDRINOF CHANIAGO
Andrinof merupakan tim transisi yang bertugas merangkum program-program pemerintahan untuk kabinet Jokowi-Jusuf Kalla. Pengamat politik Universitas Indonesia itu diproyeksikan akan menjadi calon Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

19. ARIEF YAHYA
Arief saat ini merupakan Direktur Utama PT Telkom. Dia kini diproyeksikan sebagai calon Menteri Pariwisata.

20. YASONNA H LAOLY Yasonna adalah Ketua DPP PDI-P dan merupakan anggota DPR periode 2004-2009 dan 2009-2014. Yasonna pernah satu kali dipanggil oleh Jokowi. Dalam kabinet Jokowi-JK, Yasonna diproyeksikan sebagai calon Menteri Hukum dan HAM.

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*