Apa bedanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) ?

image

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Setelah kita baca bareng-bareng tentang pengertian “Apa itu Kartu Indonesia Pintar?”, kali ini kita bahas perbedaannya dengan Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang pernah dirilis di jaman era Presiden SBY.


Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) sebenernya hampir sama namun praktek dan cakupannya lah berbeda.

Jika di BSM, uang diberikan kepada sekolah untuk biaya sekolah siswa yang kurang mampu, maka di KIP uang bantuan siswa kurang mampu diberikan langsung kepada orang tua siswa tersebut & lembaga keuangan yang telah dipilih.

Dan, Jika di BSM cakupannya hanya sampai ‘siswa’ yang kurang mampu, maka di KIP cakupannya lebih luas lagi yaitu mencakup siswa terlantar, anak jalanan, dan siswa yang putus sekolah & ingin sekolah lagi.

Namun, untuk para siswa kurang mampu ada satu hal yang mengganjal disini. Karena semua sistem pentransferan uang dilakukan dengan e-money melalui rekening telpon, maka setiap orang tua siswa miskin wajib mempunyai ponsel untuk mengecek saldo, mentransfer, dan menerima uang bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Cara menggunakan KIP cukup mudah, yaitu pengguna KIP tinggal menunjukkan kartu tersebut ke sekolah dan balai latihan yang dikehendaki.

Rencananya, pemerintah era Presiden Joko Widodo akan menghapus Bantuan Siswa Miskin atau BSM.

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*