Apa itu Kartu Indonesia Sehat (KIS) ?

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Hari ini tepat pukul 11.30 di Jakarta Presiden Joko Widodo ditemani Iriana istrinya merilis sejumlah kartu sakti yang akan dibagikan kepada seluruh rakyat indonesia yang membutuhkan. Ada 4 kartu yang akan dibagikan yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKS). Hmm.. pasti bingung karena saking banyaknya kartu 😀

Nah, di artikel ini pertama kita akan bahas dan kupas tuntas tentang apa itu namanya Kartu Indonesia Sehat. Berikut rinciannya:

image

Kartu Indonesia Sehat (KIS) yaitu Sebuah kartu yang akan dibagikan kepada warga miskin & rentan miskin di seluruh indonesia sejumlah 88,1 juta orang. Kartu Indonesia Sehat akan meng-cover seluruh anggota JKN yang telah terdaftar di BPJS Kesehatan.

Cara menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) cukup simpel, yaitu para pengguna kartu tinggal menunjukkan ke Rumah Sakit terdekat ketika akan melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan. Cakupan KIS juga bertambah luas. Jika sebelumnya hanya mencakup pengobatan saja, maka di Kartu Indonesia Sehat juga mencakup pencegahan penyakit.

Rencananya Kartu Indonesia Sehat (KIS) akan dibagikan di 19 provinsi pertama. Dan sisa provinsi berikutnya akan segera menyusul mendapatkan kartu indonesia sehat (KIS).

Setiap pemegang KIS akan ditanggung pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Peserta KIS juga bakal dikenakan premi sebesar Rp 19.225 per orang. Jadi Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah peng-cover Kartu JKN yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan, namun cakupannya lebih luas.

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

1 Trackback / Pingback

  1. Apa bedanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) & JKN milik BPJS Kesehatan? | ALFIDO.COM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*