Hari ini Jerman peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

image

image

Alfido.com | News – Hai gan.. melalui animasi kreatif Google Doodle, hari ini kita diingatkan kalo tepat sejak 9 November 1989 resmi 25 Tahun sudah Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu sejak mereka dipisahkan oleh sebuah tembok yang bernama Tembok Berlin.

image

Cerita singkat

Pemerintah Jerman Timur membangun Tembok Berlin di bulan Agustus 1961 agar bisa menghentikan eksodus besar-besaran ke Jerman Barat saat itu.

Dan sejak berdirinya Tembok Berlin, 389 warga Jerman timur dilaporkan tewas karena mencoba kabur dari Negara tersebut. Namun jumlahnya disinyalir lebih besar dari yang terdata.

Akhirnya pada 9 November 1989 para pasukan perbatasan Jerman Timur di bawah tekanan ribuan Massa terpaksa membuka pintu perbatasan wilayah ke Berlin Barat. Dan mengakibatkan warga bebas berlalu lalang tanpa pemeriksaan sejak saat tembok itu dibangun.
image

Tanggal 3 Oktober 1990 atau hampir setahun setelah peristiwa robohnya Tembok Berlin, Jerman resmi bersatu sebagai sebuah Negara utuh.
image

Rencananya Angela Merkel selaku Kanselir Jerman yang merupakan asli dari Jerman Timur akan mengadakan acara 3 hari mengenang para korban yang berjatuhan karena tembok berlin tersebut.
image

Serta Upacara peringatan bertema “Keberanian untuk Kebebasan” akan disajikan untuk mengenang revolusi damai yang akhirnya berhasil memaksa pemerintah komunis Jerman Timur membuka blokade perbatasan yang selama 28 tahun menjadi tembok derita bagi warga Jerman Timur.
image

Semoga bermanfaat 🙂

image

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @alfido30

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*