Pemkot Surabaya launching Bus Elektrik ciptaan Mahasiswa ITS Surabaya

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Disaat Pemkot DKI mengimport ratusan Bus Transjakarta dan Bus Tingkat dari luar negeri, Pemkot Surabaya bersama Bu Risma sang Walikota merilis sebuah Bus Elektrik bertenaga Solar Panel (Tenaga Matahari) yang dibikin oleh Mahasiswa ITS Surabaya dan bekerja sama dengan Telkomsel. 🙂

image

Bus listrik ITS yang didominasi warna merah ini memiliki panjang 5 meter dan lebar 2,3 meter, dan tinggi 2,8 meter. Untuk kapasitas penumpang 25-30 orang, terdiri dari 9 orang duduk, dan sisanya berdiri dan disediakan tali gantungan.

image

“Kecepatannya 8-100 Km/jam. Daya jelajahnya 180-200 kilometer per 1 kali charge. Sekali charge waktunya atara 4-5 jam,” tutur Agus Muklisin, mahasiswa Teknik Mesin ITS semester 9 sambil menunjukkan lokasi alat untuk charge baterai, Minggu (23/11/2014).

image

image

Energi bus listrik ini menggunakan solar cell (pengubah sinar matahari menjadi energi listrik) berkapasitas 2 KW, serta baterai berkapasitas 120 Ah/320 volt.

image

Metode pengisian baterai bisa dilakukan dengan 2 cara yakni, dicolokkan ke saluran listrik di rumah, atau menggunakan genset. “Kalau genset 4-5 Kw. Nge-chargenya 5 jam penuh,” terangnya sambil menambahkan, untuk mengetahui persediaan energi dapat dilihat di monitor yang dipasang di dashboard bus.

Pembuatan bus listrik yang memakan waktu 3 bulan ini melibatkan 25 mahasiswa dan 7 dosen Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Lokasi pengerjaan berada di work shop (bengkel) milik Lowo Ireng di Sukolilo, Surabaya.

Rektor ITS Prof Ir Triyogi Yowono DEA menerangkan, semuanya buatan anak negeri. Bahkan body busnya tidak menggunakan dempul.

“Hanya Motor dan baterainya saja yang impor dari China,” kata Triyogi.

image

Bus ini langsung diujicoba Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Dirut Telkomsel Alex J Sinaga, Rektor ITS Triyogi Yuwono, Mantan Mendiknas M Nuh dan Direktur Sales Telkomsel Ms’ud Khamid melintasi Jl Diponegoro, Surabaya, Jawa Timur, usai peluncuran.

Mantap Surabaya !!!

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @AlfiNews

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*