Tjipetir, Tablet kuno buatan Sukabumi yang mendunia hingga Eropa & Amerika selama ratusan tahun

image

Alfido.com – Hai gan.. Pernah dengar kata Tjipetir ? Pasti banyak yang masih bingung apa sih Tjipetir itu. Nah, Tjipetir atau Cipetir sebenernya adalah sebuah nama daerah di Sukabumi, Jawa Barat. Dulu ketika jaman belanda, daerah Cipetir sempat dijadikan sentra pembuatan balok karet berbentuk kubus dan rata seperti tablet bertuliskan “Tjipetir”

image

Kegunaan balok “Tjipetir” tersebut banyak digunakan dilaut sebagai alat apung tambang dan tali-tali agar tetap terapung dipermukaan.

Namun, beberapa waktu yang lalu sejumlah warga di eropa dan amerika kaget dan terkejut menemukan sebuah balok bertuliskan nama “Tjipetir”. Penemuan tersebut sempat memunculkan mitos adanya kapal hantu dan harta karun di lautan.

image

Namun ketika ditelusuri lebih lanjut, ternyata dulunga balok Tjipetir tersebut dibawa oleh kapal Titanic yang tenggelam di tahun 1912. Titanic membawa banyak balok Tjipetir di bagasinya dan akhirnya balok-balok kayu tersebut terdampar di pantai-pantai eropa dan amerika setelah lebih dari 100 tahun lamanya.

image

image

Anehnya, balok Tjipetir tersebut masih kelihatan sangat utuh dan tidak rusak sedikitpun. Hanya berubah warna sedikit menghitam.

image

image

image

image

Berikut lokasi penemuan Balok “Tjipetir”:

image

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @AlfiNews

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*