Tips Melewati Jalanan Banjir dari Divisi Humas Mabes Polri

image

Alfido.com – Hai gan.. Karena masih musim hujan, nggak ada salahnya untuk ngeshare tips & info seputar hujan dan banjir. Nah, kali ini datang Tips dari Divisi Humas Mabes Polri tentang melewati genangan banjir. Berikut tipsnya:


Tips Melewati Jalanan yang Banjir:

Memasuki musim hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya selama bulan Desember ini. Hal ini mengakibatkan banyak jalanan yang tergenang air yang tingginya bervariasi dari 20 cm sampai 3 meter.

1. Selalu mengecek kondisi kendaraan saudara. ini menjadi salah satu elemen penting ketika berkendara di kondisi hujan seperti sekarang.

2. Ada baiknya selalu mengecek kondisi ban. Saat menerobos air, ban diupayakan harus membelah air dengan sempurna. Cipratan air diusakan tidak berbalik ke arah kendaraan saudara.

3. Pengendara juga harus jeli untuk melihat apakah jalan yang terendam air berlubang atau tidak. Selain itu, pakai selalu jalur kanan. Biasanya jalur kanan lebih tinggi ketimbang jalur di kiri. Untuk mengetahui kedalaman air juga bisa dilihat dari laju kendaraan lain didepan kendaraan kita. Jadi perhatikan apakah mobil di depan mobil kita bisa melaju dengan mulus atau tidak ketika menerjang banjir.

4. Jangan terlalu cepat menggeber kendaraan di saat kondisi jalanan banjir. Usahakan pula jaga jarak dengan kendaraan lainya di depan atau disamping agar tidak terciprat air yang masuk ke dalam ruang pembakaran.

5. Jika kendaraan saudara mogok karena bagian pembakaran ada yang terkena air, maka pengendara jangan sampai men-starter kembali kendaraan saudara. Itu malah bisa menyebabkan kerusakan lebih parah di mesin. Lebih baik mendorongnya dan meminta bantuan untuk didorong ditempat yang tidak tergenang banjir.

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=10]

Ditulis oleh Alfido
Email: admin@alfido.com
Google+: +Alfido Listiawan
Instagram: @alfido
Twitter: @AlfiNews

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*