Badan Cyber Nasional, Apa Itu?

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Hari ini Pemerintahan Jokowi-JK disibukkan dengan sebuah obrolan hangat yang membahas tentang pembentukan suatu badan baru yang mengatur dunia cyber (dunia maya) tanah air yang diberi nama  Badan Cyber Nasional (BCN). Lalu, apa sih Badan Cyber Nasional itu?


Jokowi sendiri tadi siang menggelar rapat bareng menteri pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Menkumhan Tedjo Edhi Purdijatno membahas Badan Cyber Nasional tersebut. Menurut mereka Badan Cyber Nasional bakalan bergerak mengatur dan mencegah kriminalitas di dunia maya yang akhir-akhir ini kerap terjadi.

Terus tumbuhnya Hacker dan Programmer di dunia membuat Badan Cyber Nasional wajib dibentuk karena ancaman ke data pribadi seseorang dan lembaga tertentu mudah terancam. Dan terus siapa yang bakal mengisi anggota Badan Cyber Nasional? Tentunya para ahli dunia digital, Programmer, dan para Hacker & Cracker Profesional 🙂 .

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga menyampaikan bahwa Badan Cyber Nasional nantinya akan memiliki fungsi yang beda dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII).

Jika ID SIRTII hanya memonitor sensor area internet publik, Badan Cyber Nasional bertugas di sektor kritikal, seperti energi, perbankan, dan transportasi publik.

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=5]

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*