Ini 5 Saran Tim 9 kepada Jokowi tentang Kasus KPK vs Polri

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Hari ini Tim Independen atau Tim 9 yang dibentuk Jokowi beberapa hari yang lalu akhirnya menyampaikan saran dan rekomendasinya terhadap kasus KPK vs Polri tersebut. Tim 9 yang secara total menolak pencalonan Budi Gunawan dan mengutuk kriminalisasi KPK akan terus berupaya memberi saran yang terbaik bagi Jokowi.

Berikut 5 rekomendasi Tim 9 pada Jokowi terkait kisruh KPK vs Polri:

1. Rekomendasi yang diberikan yaitu pertama Presiden seyogyanya memberi kepastian terhadap siapapun penegak hukum yang berstatus tersangka untuk mengundurkan diri dari jabatannya atau tidak menduduki jabatan selama berstatus sebagai tersangka.

2. Presiden disarankan tidak melantik calon Kapolri dengan status tersangka dan mempertimbangkan kembali untuk mengusulkan calon baru.

3. Presiden disarankan untuk menghentikan segala upaya yang diduga merupakan kriminaiisasi terhadap personil penegak hukum siapapun, baik Polri maupun KPK.

4. Pesiden seyogyanya memerintahkan kepada Polri maupun KPK untuk menegakkan kode etik terhadap pelanggaran etika profesi yang diduga dilakukan oleh personil Polri maupun KPK.

5. Presiden diharapkan menegaskan kembali komitmennya terhadap pemberantasan korupsi dan penegakan hukum.

Rekomendasi ini akan disaring lagi oleh Jokowi dalam menentukan sikapnya terhadap kasus KPK vs Polri..

source: tempo

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=5]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*