Nih, 10 Penyakit yang disebabkan Apel Granny Smith dan Apel Gala asal Amerika

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Akhir-akhir ini peredaran Apel Impor asal Amrik berjenis “Granny Smith” dan “Gala” dilarang secara Total di Indonesia. Apel yang mempunyai warna dan bentuk  seperti Apel Malang ini dicekal karena racun dari bakterinya yang terkenal mematikan.


Bahkan Pihak DKI Jakarta pun telah menyetop Peredaran Apel tersebut sesuai perintah Mendagri dan BPOM. Bakteri yang terkandung di Apel Granny Smith dan Apel Gala bernama listeria monocytogenes dan tergolong ganas.

“Sudah distop, kami tidak boleh impor dan menjual lagi. Urusan Menteri Perdagangan-lah,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota, Selasa (27/1/2015) dikutip dari Kompas. 

Keputusan pelarangan impor dua jenis apel ini dilakukan berdasarkan surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Badan Berbahaya Nomor SV.04.01.15.0301 tanggal 23 Januari 2015 perihal foodborne disease outbreak terkait konsumsi apel karamel asal AS. Dalam menerapkan kebijakan ini, Kemendag juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

image

image

Kepala Balai Besar Badan POM DKI Jakarta Dewi Prawitasari menjelaskan, pihaknya bakal melaksanakan operasi pasar seusai menerima data distributor dari Kementerian Pertanian. Kedua jenis apel itu, kata dia, sudah beredar dan diperjualbelikan di Jakarta. Hanya, ia belum mengetahui titik lokasi persebaran kedua jenis apel tersebut.

“Kami melakukan pengawasan dan penindakan kepada distributor, tapi tetap leading sistemnya berada di Kementerian Pertanian,” kata Dewi.

Dan ini dia alasan Kemendag melarang impor kedua jenis apel ini ialah karena apabila dikonsumsi, apel ini akan menyebabkan 9 Penyakit seperti:

# Infeksi serius
# Fatal terhadap bayi, anak-anak, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah
# Dapat menyebabkan keguguran terhadap wanita hamil.

Bakteri listeria monocytogenes yang terkandung dalam apel tersebut dapat menyebabkan gejala infeksi jangka pendek terhadap orang-orang sehat. Gejala itu berupa:

# Demam tinggi
# Sakit kepala
# Pegal
# Mual
# Sakit perut
# Diare

Baca juga artikel lainnya:
[archives limit=5]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*