Unik, Katak “Bunglon” ini Bisa Merubah Struktur Kulitnya..

image

Alfido.com | Unik – Hai gan.. Sebuah keunikan fauna terjadi di daerah Pegunungan Andes di Negara Ekuador. Seekor katak hutan hujan ternyata memiliki keahlian khusus dalam menyamar seperti bunglon. Namun nggak cuman bisa menyamar, si Katak ajaib tersebut juga bisa mengubah struktur kulitnya. Kulit katak yang berduri tajam seketika bis  berubah menjadi mulus dalam waktu ± 1 menit. 🙂

Keajaiban katak yang bernama latin Pistimantis mutabilis tersebut membuat dunia amphibi mendapatkan fenomena baru. Yaitu katak pertama di dunia yang bisa berubah warna seperti bunglon, sekaligus merubah struktur kulitnya.

Katak “Bunglon” tersebut sebelumnya ditemukan oleh mbak Katherine Krynak, seorang mahasiswa doktoral di Case Western Reserve University, dan suaminya yang bernama Tim Krynak, yang menjadi manajer proyek di Divisi Sumber Daya Alam Cleveland Metroparks.

Katherine dan Tim yakin binatang amfibi itu adalah spesies katak pertama yang dapat berubah rupa dan bentuk.

Cerita penemuan katak unik tersebut bermula ketika Katherine membawa 1 species katak ke labpratoriumnya untuk diperiksa. Setelah dimasukkan me toples dan dibawa pulang, Katherine pun bingung karena katak tersebut merubah struktur kulitnya yang tadinya berduri tajam seperti “Punk Rocker” menjadi mulus lembut.

Katherine sempat mengira dirinya salah membawa katak, tapi tenyata kemudian Katherine sadar kalo dirinya ditipu oleh sang katak yang bisa mengubah kulitnya 🙂

Hingga kini katak Pistimantis mutabilis tersebut masih terus diselidiki jenisnya oleh para peneliti hewan.

Keren ya gan…

🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*