Resmi, mulai 16 April 2015 Minimarket di Bali DILARANG jualan Minuman Beralkohol (Bir)

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Mulai 16 April 2015 nanti semua Minimarket di seluruh Indonesia dan termasuk di Bali dilarang keras berjualan minuman beralkohol jenis apapun. Larangan ini diperintahkan langsung oleh Kementrian Perdagangan (Kemendag)  agar anak-anak tidak dengan mudah mengkonsumsi minuman beralkohol.


Peraturan pelarangan penjualan Minuman Beralkohol tersebut tercetak dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol (minol) berlaku 16 April 2015.

Pihak Kemendag sendiri mengatakan kalau peraturan pelarangan ini resmi diterapkan kepada semua minimarket tanpa kecuali. Tempat wisata juga dilarang menjual minuman beralkohol jenis apapun.

“Untuk daerah wisata misalnya Bali? tidak ada pengecualian. Jadi kalau di minimarket tidak ada pengecualian,” ungkap Dirjen Standardisasi Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag Widodo kepada detikFinance, Sabtu (11/4/2015).

“Kepada generasinya muda itu. Karena minimarket sudah masuk ke daerah pemukiman itu yang kita upayakan supaya tidak bisa disalahgunakan,” kata Widodo.

Namun pihak Kemendag kembali berkata kalo minuman beralkohol masih bisa didapatkan, tapi bukan di minimarket.

“Jadi tetap yang diperbolehkan hanya supermarket, hipermarket, restoran, hotel, bar. Seperti Senggigi itu tempatnya masuk kota dan banyak hotel-hotel dan bisa dan keuntungan negara lebih karena ada pajak sementara kalau di hipermarket itu tidak ada (tidak ada pajak),” kata Widodo.

Walaupun menuai Pro dan Kontra oleh masyarakat yang tinggal di daerah Wisata seperti Bali, namun keputusan ini akan tetap dilaksanakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*