Mencoba memecahkan soal matematika Anak SD di Singapura yang super sulit..

image

Alfido.com | Iptek – Hai gan.. Akhir-akhir ini dunia pendidikan dihebohkan oleh sebuah soal Anak SD di Singapura yang ternyat membuat semua orang kebingungan. Soal cerita bertuliskan bahasa inggris tersebut hanya memberi pilihan sempit kepada sang pembaca soal untuk memecahkan.

Dan berikut ini adalah kutipan soalnya:

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang tanggal dan bulan ulang tahunnya secara berurutan.

Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:

Albert : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.

Bernard : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.

Albert : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?

Udah mulai pusing belum gan? Yuk kita lihat-lihat bareng jawabannya: 🙂

Jawaban berikut dinilai berdasarkan hasil analisis Nicholas Giovanni, Asisten Laboratorium Fisika Metalurgi pada Departemen Teknik dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, seperti dituturkan, Senin (13/4/2015):

Kemungkinan awal adalah 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila ulang tahun Cheryl adalah 18 Juni ataupun 19 Mei, maka Bernard yang diberi tahu angka pasti langsung tahu karena angka 18 dan 19 tidak terdapat pada tanggal-tanggal lain.

Sisa kemungkinannya: 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juni, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila Albert diberi tahu bahwa bulan ultah Cheryl adalah Mei atau Juni, maka Albert tidak akan bisa mengatakan, “I know that Bernard does not know, too.” Hal itu membuktikan bahwa Albert diberi tahu bahwa ultah Cheryl antara Juli atau Agustus.

Sekarang, sisa kemungkinannya adalah 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bernard diberi tahu tanggal. Dari perkataan Albert, Bernard tahu bahwa Albert diberi tahu bulan Juli atau Agustus. Bila Bernard diberi tahu tanggal 14, maka dia masih akan bingung karena terhadap 14 Juli dan 14 Agustus. Nyatanya dia berkata, “But I know”. Berarti Bernard tidak diberi tahu bahwa tanggalnya 14. Pada tahapan ini, Bernard telah mengetahui bahwa ulang tahun pada tanggal 16 Juli dikarenakan telah diberi tahu angka 16 dari Cheryl.

Sisa kemungkinannya adalah 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Dari keyakinan Bernard, Albert tahu bahwa tanggalnya bukan 14. Bila Albert diberi tahu bulannya Agustus, maka dia masih akan bingung karena ada 15 Agustus dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Juli, maka dengan tereliminasinya tanggal 14 Juli, maka satu2nya sisa tanggal adalah 16 Juli. Oleh karena itu, Albert berkata, “Then I also know when….”

Sebelumnya Kong menyatakan kalo pertanyaan tersebut ditujukan untuk pelajar sekolah dasar kelas V di Singapura. Namun, hari senin kemarin Kong mengonfirmasi kalo pertanyaan itu seharusnya ditujukan kepada anak sekolah menengah pertama (SMP) kelas III dan merupakan soal level olimpiade nasional.

Hmm.. Makanya soalnya sulit banget 🙂

source: natgeo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*