Siap-siap, Tarif Kereta Api naik lagi Mei 2015 karena penambahan biaya “Tarif Rel Kereta”

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Kabar buruk dateng lagi kepada kita semua rakyat kecil Indonesia. Tarif Kereta Api yang baru aja naik 2x lipat di bulan April 2015 bakalan naik lagi di bulan Mei 2015 nanti. Kenaikan tersebut diakibatkan penambahan “Tarif Rel Kereta” yang bernama Track Access Charge (TAC) yang diberikan oleh Kemenhub untuk penarikan pajak dan dibebankan kepada rakyat.

Pengertian Track Access Charge (TAC) sendiri adalah harga yang harus dibayar kereta saat melewati rel karena memakai barang milik negara berupa rel kereta api. Konsep pembayaran TAC serupa dengan pungutan jalan tol.

Menurut Hermanto Widiatmoko Direktur Jenderal Kemenhub, Tarif TAC tersebut berlaku sesuai panjang lintasan rel yang dilalui kereta api. Termasuk kereta api jarak jauh.

“Besaran tarifnya disesuaikan panjang rel yang akan dilewati, kondisi jalur, berat, dan panjang rangkaian gerbong,”

Pembayaran uang Pajak TAC tersebut nantinya bakalan disetor langsung oleh pihak KAI ke Pemerintah tiap bulannya. Jumlah kenaikannya belum pasti dan berbeda-beda tiap kereta.

Jika kebijakan ini resmi diterapkan bulan Mei 2015 nanti, tentunya tarif Kereta tak akan lagi terjangkau oleh masyarakat kecil dan menengah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*