Duh, Gelembung putih “Limbah Detergent” cemari Sungai Jagir di Wonorejo, Surabaya

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Pagi ini tiba-tiba sebuah Sungai bernama Sungai Jagir di daerah Wonorejo, Surabaya tertutup limbah detergent yang sangat banyak. Bahkan air sungai pun sampe tak terlihat sama sekali. Kejadian ini terjadi pukul 08.00 WIB dan ditemukan oleh beberapa warga yang sedang bersepeda di sekitar lokasi.

“Kami kebetulan bersepeda di kawasan itu dan detergent datang banyak sekali hingga air sungai tertutupi semua,” kata Etty salah satu warga, dikutip dari suarasurabaya.net.

Gelembung putih limbah detergent tersebut tiba-tiba muncul dari pintu air yang berada di dekat sungai dan langsung menyebar dan menutup sungai mulai dari dermaga wisata ecopark wonorejo hingga ke pesisir selat Madura.

Sore hari ini, gumpalan putih limbah detergent itu masih terus menutup kawasan Sungai Jagir, Wonorejo.

image

Lembaga Kajian Ekologi dan Konversi Lahan Basah (Ecoton) akhirnya mendesak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Surabaya untuk membersihman Limbah Detergent yang susah untuk terurai tersebut. Karena ditakutkan nantinya bisa membunuh biota hewan dan tumbuhan di Sungai Jagir tersebut.

“BLH harus segera turun karena pencemaran ini akan membunuh biota yang ada di kawasan itu,” kata Prigi Arisandi, Direktur Ecoton dikutip dari suarasurabaya.net.

Belum diketahui pasti penyebab limbah detergent yang sangat banyak ini. Tapi kemungkinan besar berasal dari limbah pabrik entah dari mana asalnya.

source: suara surabaya


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*