Pemerintah Jepang Resmi Melarang Penggunaan Drone

image

Alfido.com | News – Hai gan.. Pemerintah Jepang akhirnya secara resmi melarang semua kegiatan berbau Drone atau Remote Control terbang di Negeri Sakura tersebut. Larangan Drone resmi diterapkan di seluruh tempat termasuk taman, kebun, tempat wisata, dan gedung Pemerintahan.

Akhirnya banyak masyarakat Jepang yang kecewa karena larangan tersebut. Penyebab dilarangnya Drone di Negara Matahari Terbit itu terjadi karena ulah iseng seorang Pria berusia 40 tahun yang menerbangkan Drone berjenis DJI Panthom berisi cairan kimia di Rumah Dinas Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Drone berisi cairan kimia tersebut jatuh dan ketahuan Polisi dan keamanan yang berjaga. Ketika kejadian terjadi, Shinzo Abe tengah melakukan kunjungan ke Indonesia dalam acara Peringatan Asia Afrika 22 April 2015.

Pihak Kepolisian akhirnya menangkap Pria 40 tahun yang menerbangkan Drone tersebut 3 hari kemudian dan langsung dipenjara selama 3 tahun. Alasan Pria tersebut menerbangkan Drone berisi cairan kimia karena memprotes pembangunan Nuklir Fukushima yang saat itu terkena Gempa dan Tsunami hebat.

Karena khawatir kejadian tersebut akan berefek lebih parah lagi, Pemerintah Jepang memutuskan untuk melarang total Drone terbang.

Jika berani menerbangkan Drone di Taman, Kebun, dan Tempat Wisata maka akan didenda ¥ 5.000 ($417) atau sekitar Rp 4,5 Jutaan. Sedangkan kalo berani menerbangkan Drone di daerah Pemerintahan, maka akan didenda ¥ 50.000 ($4.170) atau Rp 45 Jutaan. Dan tentu aja bakalan dipenjara juga selama 3 tahun.

Hmm.. Semoga di Indonesia nggak ada larangan buat drone dan pemerintahnya nggak ikut-ikutan melarang.

source: Techinasia


Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*