Unik, Makan Ketoprak di Bogor Kita Bisa Bayar “Seikhlasnya”

image

Alfido.com | Unik – Hai gan.. Pernah nggak ketika kita makan di pinggir jalan terus abis makan ternyata harga makanan yang dijual mahal banget? Nah, semua orang pasti pernah mengalami momen-momen kayak gitu. Istilahnya seperti “dikepruk” atau harganya di-“akalin” sama si penjual supaya dapet untung besar.


Dan kali ini ternyata di Bogor ada Penjual Ketoprak yang unik banget. Kalo kita makan di tempat tersebut, kita bisa bayar seikhlasnya..

Iya, kalian nggak salah baca gan. Kita bisa bayar seikhlasnya sesuai keikhlasan hati kita. Kalo kita mau bayar Rp 5.000 nggak apa-apa yang penting ikhlas. Kita mau bayar Rp 100.000 juga nggak apa-apa pokoknya ikhlas :). Jadi makanan yang kita makan akan tenang di perut kita kalo bayarnya ikhlas.

Sistem pembayaran Ikhlas ini diterapkan oleh Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra kepada penjual Ketoprak didepan Lembaga KPM di ruko 6 Jalan Laladon, Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Tujuan penerapan pembayaran ikhlas ini bukan mengarah ke arah “keuntungan finansial” semata, melainkan ada pesan dibalik sistem tersebut.

Pak Ridwan ingin membudayakan pembayaran ikhlas agar bisa masuk ditiap hati para pembeli. Jadi tidak perlu merasa takut ketika hendak membeli sesuatu karena takut harganya mahal atau “dikepruk” oleh si Penjual.

Pak Ridwan pengen semua pembeli bisa merasakan keikhlasan ketika kita membeli sesuatu yang kita inginkan, termasuk dalam urusan makanan.

Walaupun penerapan sistem “pembayaran seikhlasnya” ini baru diterapkan di hari sabtu aja, namun kedepannya akan diberlakukan setiap hari agar lebih bermanfaat.

Dan nggak cuma ketoprak, namun dalam hal lain seperti jasa atau pun jual beli barang akan diterapkan sistem tersebut.

Menurut pendapat para pembeli Ketoprak “seikhlasnya”, mereka mengaku melihat kalo sistem tersebut memberi keuntungan bagi si penjual karena barang atau makanan yang dijualnya jadi semakin “barokah” untuk orang lain nikmati. Walaupun agak rugi dalam keuntungan finansial, namun dalam hal kepercayaan dan kepuasan konsumen, sistem tersebut patut ditiru oleh semua pedagang.

Sebelumnya di beberapa tempat di tanah air, warung-warung yang bertema sosial atau sedekah bagi orang tidak mampu semakin banyak tersebar dan mulai ngehits di masyarakat. Banyak dari warung-warung sosial tersebut dengan sukarela memberi makanan gratis bagi mereka yang tidak mampu dan juga kaum fakir miskin.

Hmm.. kayaknya layak dan patut banget kita tiru nih gan 🙂


1 Komentar

  1. Wahh unik, itu di depan KPM yg di jalan cempedak raya ? Soalnya saya gak tau kalo ada KPM di jalan raya laladon. Maklum gak terlalu hafal jalanan sama tempat di bogor.. minat kesana nih.. mau wawancara sedikit hehe. Mohon informasinya. Terimakasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*