Selamat Hari Laut Sedunia .. Yuk Bebersih Laut Kita :)

image
Foto: Kotornya tepi pantai Pelabuhan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah

Alfido.com | – Hai gan.. Hari ini 8 Juni 2015 resmi diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Semua orang di dunia merayakan hari ini sebagai hari kesadaran kita untuk menjaga laut kita dari sampah-sampah menjijikan yang kita buang sehari-hari. Seperti kita tau, laut kita saat ini udah nggak sebersih dulu lagi. Kini banyak sampah rumah tangga dan sampah lain yang menghiasi bibir pantai dan mengancam makhluk hidup disekitarnya 🙁

Pantai dan laut merupakan kekayaan kita sebagai Bangsa Indonesia. Bangsa yang mempunyai lautan terluas di dunia harus menanggung jutaan sampah yang dibuang kelautan tiap harinya. Tanpa sadar, sampah-sampah yang kita buang ke sungai akan bermuara ke laut dan mengancam hewan-hewan laut seperti ikan, kura-kura, paus, anjing laut, pinguin, dll. Banyak dari mereka yang mati karena ulah kita membuang sampah sembarangan.

image

Gerakan-gerakan bebersih pantai dan laut memang akhir-akhir ini semakin menjamur di seluruh tanah air. Namun pasokan sampah dari warga yang “belum sadar” akan pentingnya kebersihan laut masih aja membanjiri laut kita dengan sampah-sampah mereka.

Demi menjaga kelestarian laut, hendaknya kita wajib mengolah kembali sampah-sampah yang hendak kita buang. Dan yang paling penting, jangan pernah buang sampah sembarangan dimanapun berada. 🙂

Tutorial mengolah sampah banyak bertebaran di internet dan caranya juga gampang-gampang banget. Yang penting kita mau berusaha dan niat.

Tentunya kita nggak mau kan kalo makan ikan yang dalemnya berisi plastik sampah yang kita buang? 🙂

Ayo bebersih laut kita dan Selamat Hari Laut Sedunia buat temen-temen semuanya..