Nih, 5 Tips “Ajib” Hadapi SBMPTN 2015

image

Alfido.com | Tips – Hai gan.. Buat temen-temen yang baru pertama kali ngehadapin SBMPTN pasti ada rasa takut, grogi, perut mules, kepala pusing, dll. Nah, penyakit-penyakit tersebut bisa diatasin dengan beberapa tips ajib berikut. Dijamin Tes SBMPTN kalian bakalan mulus dan lancar 🙂

1. Sarapan (Wajib)

Menghadapi Tes dengan suasana yang cukup ramai dan tekanan stres yang tinggi, tentunya kita nggak boleh sampe ketinggalan yang namanya sarapan. Suplai stamina dan pikiran kita tergantung banget sama makanan yang kita makan di pagi hari.

Selain energi, tubuh juga butub tenaga untuk berpikir dan mengolah setiap pertanyaan dalam tes SBMPTN yang kita hadapai. Nah, buat temen-temen jangan sampe ketinggalan sarapan sewaktu tes. Kalo terpaksa, beli aja gorengan atau cemilan yang penting perut kita ada isinya biar nggak pusing saat tes nanti.

2. Datang Lebih Awal

Macet & Kejadian tak terduga biasanya menjadi kendala temen-temen yang mau ngikutin tes SBMPTN. Mayoritas dari peserta tes mengalami kendala di jalan dan telat saat berangkat karena terkena macet, ban bocor, terkena begal, dll.

Buat antisipasi hal-hal kayak gituan mendingan kita berangkat lebih awal ke tempat tes kita. Kalo bisa minimal 1 jam sebelum tes kita udah dateng, sehingga nggak ada rasa kuatir ketika tes berlangsung.

Soalnya sebagian besar dari mereka yang gagal yaitu gara-gara tegang saat mengikuti SBMPTN karena telat saat berangkat.

3. Tau Lokasi Tes

Biasanya banyak para peserta Tes SBMPTN yang kebingungan ketika datang. Banyak yang bertanya-tanya lokasi tes mereka masing-masing karena banyak dari mereka yang nggak tau sama sekali. Bahkan ketika detik-detik tes akan berlangsung banyak yang masih bertanya-tanya.

Untuk menghindari hal-hal tersebut sebelum kita melaksanakan tes, ketahui persis dimana lokasi kita tes. Ketahui persis di lantai berapa dan juga tempat duduk kita. Jangan sampe kita gagal gara-gara kita nggak tau lokasi tes kita dimana 🙂

4. Cek Alat Tulis

Satu hal yang jadi pengalaman paling berharga di dalam dunia tes dimanapun berada, jangan sampe lupa mengecek alat tulis yang dibawa. Karena saya sendiri (penulis artikel ini) pernah mengalami hal-hal nggak mengenakan tersebut. Gara-gara lupa bawa alat tulis yang udah disiapin semalem, paginya salah bawa tas dan terpaksa nyuruh temen buat anterin tasnya ke tempat tes padahal lokasi jalanannya macet total.

Supaya hal tersebut bisa dihindari, sebaiknya kita mengecek bener-bener semua alat-alat tulis kita yang mau dibawa. Jangan terlalu banyak bawa buku. Bawa aja beberapa kertas yang memang kita siapkan untuk belajar nantinya ketika menunggu tes dimulai.

5. Tidur yang cukup & Berdoa

Dari sisi psikologis manusia, tidur yang cukup merupakan salah satu kunci kita dalam menghadapi sebuah tes. Jika kita cukup beristirahat, tentunya otak dan pikiran kita akan berjalan dengan lancar dan enggak terbebani oleh rasa kantuk yang muncul.

Dan satu lagi, jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah tes berlangsung. Karena dengan usaha yang keras saja nggak akan cukup kalo kita tidak berdoa kepada sang Pencipta.

Nah, semoga tips-tips ajib diatas bisa memotivasi, menginspirasi, dan membuat temen-temen semua lolos tes SBMPTN 2015 🙂

Semoga berhasil..

foto: koosfitriani.com