Punya Sikat Gigi Bekas? Jadiin Gantungan Kunci Unik Aja

Alfido.com – Kalian punya sikat gigi bekas? Daripada mencemari lingkungan, yuk dibikin Gantungan Kunci aja. Selain bermanfaat, gantungan kunci dari sikat gigi bekas juga bisa jadi alternatif pengendali pencemaran lingkungan kita 🙂

image

Ide ini muncul dari beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bernama Aditya Wibawa Mukti, Liawati, Devi Azzahra Anwar dan Alfi Arifai. Produk mereka ini dinamai BSG (Batang Sikat Gigi).

Batang Sikat Gigi yang mereka bikin gantungan kunci sengaja mereka kumpulkan dari lingkungan sekitar karena butuh waktu 100-500 tahun bagi bakteri untuk membuat plastik berbaur dengan tanah kita.

Bayangin kalo semua orang tiap bulannya membuang jutaan sikat gigi bekas tiap hari. Tentu tanah kita nggak akan bisa subur lagi 🙂

Maka dari itu, Aditya dan kawan-kawannya mengumpulkan sikat gigi tersebut dan membersihkannya terlebih dahulu dengan cara dipanaskan agar bakteri pada sikat gigi bisa terlepas semuanya.

Aditya dan kawan-kawan juga menerima sumbangan sikat gigi bekas dari warga sekitar rumah mereka. Tiap warga yang menyumbang 1 sikat gigi bekas akan diberi 1 gantungan kunci BSG sebagai bonusnya.

image

Jika dijual bebas, Aditya dan temannya mematok harga Rp 2.000 untuk satu buah gantungan kunci BSG. Cukup murah kan buat menjaga lingkungan.

source: brilio

🙂