Petisi Tolak Kebijakan Baru BPJS Ketenagakerjaan Capai 43ribu lebih Tandatangan

Alfido.com | Sosmed – Kebijakan baru BPJS Ketenagakerjaan yang membuat jengkel banyak buruh di tanah air akhirnya memunculkan petisi untuk menolak kebijakan tersebut. Total sudah 40ribuan lebih netizen yang menandatangani petisi tersebut.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Kenijakan baru BPJS Ketenagakerjaan yang berbunyi:

image

MULAI 1 JULI 2015
SALDO JHT BISA DICAIRKAN UNTUK PESERTA YANG SUDAH MENCAPAI KEPESERTAAN MINIMAL 10 TAHUN DENGAN KETENTUAN :
1. UNTUK PERSIAPAN HARI TUA, SALDO YANG DAPAT DIAMBIL HANYA 10% DARI TOTAL SALDO JHT
2. UNTUK PEMBIAYAAN RUMAH, SALDO YANG DAPAT DIAMBIL HANYA 30% DARI TOTAL SALDO JHT
3. SELURUH SALDO JHT DAPAT DICAIRKAN SETELAH MENCAPAI UMUR 56 TAHUN

Maka setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) mulai tanggal 1 Juli 2015 kemarin baru bisa mencairkan dananya setelah 10 tahun, itupun hanya 10% yang bisa cair dananya.

Dan kalo mau mengambil semua dananya harus menunggu sampai umur 56 tahun. Padahal di peraturan sebelumnya dana JHT (Jamsostek) bisa diambil setelah 5 tahun dan bisa diambil secara penuh.

Dalam hal ini Pemerintah seperti mencuri secara halus uang para buruh, karyawan, dan rakyat yang ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan. Padahal uang tersebut merupakan uang mereka sendiri yang dipotong 3% dari gaji.

Sontak para buruh di tanah air memprotes kebijakan sepihak BPJS Ketenagakerjaan yang sangat kurang sosialisasi tersebut. Efek utama penerapan kebijakan baru BPJS Ketenagakerjaan yaitu nantinya bakalan ada banyak uang Saldo JHT yang tak bertuan karena nggak semua orang bisa sampai umur 56 tahun.

Lantas, apa maksud pemerintah yang semakin menyulitkan rakyat kecil?

Untuk temen-temen yang perduli dengan masyarakat dan menolak kebijakan baru Pemerintah dalam UU No. 40 BPJS Ketenagakerjaan bisa ikut menandatangani Petisi di Change.org berikut ini:

https://www.change.org/p/bpjstkinfo-hanifdhakiri-humasnaker-jokowi-batalkan-kebijakan-baru-pencairan-dana-jht-minimal-10-tahun

image

Semoga kebijakan tersebut segera diubah dan dikembalikan ke kebijakan sebelumnya.

Saat ini Petisi tersebut telah mencapai 43ribuan lebih tandatangan dan hampir mencapai 50ribu tandatangan. Ayo sebarkan petisinya.

🙂