Ulang Tahun Monas ke 40 Dirayakan Google Doodle

Alfido.com – Hai gan.. Hari ini Google Doodle merayakan hari ulang tahun Monumen Nasional atau Monas yang ke-40 lewat sebuah gambar Doodle di halaman utama Mesin Pencari tersebut.


Monas digambarkan dalam sebuah siluet kartun saat pembangunannya sedang berlangsung. Kolam air di Monas pun tak luput dari perhatian.

image

Berikut ulasan singkat Monas atau Monumen Nasional dikutip langsung dari Wikipedia:

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala.

Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Sebelum bernama Lapangan Monas, Lapangan tersebut sempat dinamai Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas.

Hingga saat ini tiap akhir pekan pengunjung selalu datang ke Monas untuk berwisata, liburan, olahraga, senam, dan berkumpul bersama keluarga.

Selamat ulang tahun Monas..

🙂